Illahi, Amy Muhammad (2024) DATA MINING KLASTERISASI GAYA BELAJAR SISWA SMK N 1 SOLOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN FUZZY C-MEANS. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
SKRIPSI_17101152630005_AMY MUHAMMAD ILLAHI_ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text
SKRIPSI_17101152630005_AMY MUHAMMAD ILLAHI_BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text
SKRIPSI_17101152630005_AMY MUHAMMAD ILLAHI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
Text
SKRIPSI_17101152630005_AMY MUHAMMAD ILLAHI_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Belajar adalah proses perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi tahu, tidak terampil menjadi terampil, dan tidak mengerti menjadi paham melalui interaksi dengan lingkungan. Setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda�beda, dipengaruhi oleh faktor pencapaian hasil belajar dan lingkungan belajar. Media seperti sistem pakar dan data mining membantu mengelompokkan gaya belajar siswa. Salah satu metode data mining yang digunakan adalah Fuzzy C�Means (FCM), yang mempertimbangkan tingkat keanggotaan himpunan fuzzy. Penelitian terdahulu menunjukkan keberhasilan FCM dalam berbagai aplikasi, termasuk analisis dan pengelompokkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan gaya belajar siswa di SMK N 1 Solok menggunakan metode FCM, dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap pengetahuan dari guru. Perumusan masalah mencakup penerapan data mining, kemampuan FCM dalam klasterisasi, dan implementasi FCM dalam sistem yang dibangun menggunakan pemrograman. Hipotesa dijabarkan sesuai dengan perumusan masalah, dengan harapan bahwa penerapan data mining dan FCM akan mempermudah metode belajar siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Batasan masalah meliputi fokus penelitian pada siswa SMK N 1 Solok, menggunakan data Tahun Angkatan 2023 dimana terdiri dari 6 jurusan, serta bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk membangun sistem. Tujuan penelitian mencakup penerapan FCM untuk pengelompokkan data siswa dan pengembangan gaya belajar di SMK N 1 Solok. Manfaat penelitian mencakup pengetahuan baru dalam pengelompokkan data, informasi mengenai gaya belajar siswa, dan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran..
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak 0 Research > Ilmu Komputer |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:10 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 08:10 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11659 |
Actions (login required)
View Item |