ANALISIS DAN IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN JARAK JAUH DENGAN METODE INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PASAMAN MENGGUNAKAN SNORT DAN TEAM VIEWER MELALUI NOTIFIKASI TELEGRAM

Putra, Widio Andika (2024) ANALISIS DAN IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN JARAK JAUH DENGAN METODE INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PASAMAN MENGGUNAKAN SNORT DAN TEAM VIEWER MELALUI NOTIFIKASI TELEGRAM. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_17101152630093_WIDIO ANDIKA PUTRA_ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152630093_WIDIO ANDIKA PUTRA_BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152630093_WIDIO ANDIKA PUTRA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152630093_WIDIO ANDIKA PUTRA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Seiring laju perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi global, lembaga yang telah memutuskan untuk memasang perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) harus benar mampu untuk mengimplementasikan secara tepat agar bisa meningkatkan efensiensi pekerjaan. Kantor Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pasaman adalah salah satu instansi yang menggunakan jaringan komputer sebagai penunjang dalam proses pekerjaan sehari-hari, dan pada instansi ini terdapat data – data kepegawaian, dapodik dan lainnya yang tentu saja harus di jaga sebaik mungkin. Pada laporan akhir ini, metode intrusion detection system (IDS) menggunakan Snort dengan notifikasi Telegram di Kantor Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pasaman. Snort adalah sebuah software ringkas yang sangat berguna untuk mengamati aktivitas dalam suatu jaringan komputer. Snort dapat digunakan sebagai suatu Network Intrusion Detection System (NIDS) yang berskala ringan (lightweight), dan software ini menggunakan sistem peraturan-peraturan (rules system) yang relatif mudah dipelajari untuk melakukan deteksi dan pencatatan (logging) terhadap berbagai macam serangan terhadap jaringan komputer, untuk membangun sistem keamananjaringan komputer penulis menambahkan sistem filtering menggunakan IPTables sebagai Intrusion Prevention System(IPS), pada penelitian ini penulis juga menggunakan TeamViewer, yang mana merupakan salah satu dari aplikasi remote desktop yang di gunakan untuk membantu mengkontrol komputer admin dari jarak jauh agar administrator dapat me- monitoring serta melakukan troubleshoot di saat terjadinya gangguan pada layanan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Jaringan Komputer
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:08
Last Modified: 12 Aug 2024 08:08
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item