PENERAPAN BUSINESS MANAGEMENT DENGAN MELAKUKAN KLASIFIKASI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 PADA TOKO MAHKOTA SHOES

Jsp, Mhd Fiantoro (2024) PENERAPAN BUSINESS MANAGEMENT DENGAN MELAKUKAN KLASIFIKASI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 PADA TOKO MAHKOTA SHOES. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_18101152630204_MHD.FIANTORO.JSP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630204_MHD.FIANTORO.JSP_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630204_MHD.FIANTORO.JSP_ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630204_MHD.FIANTORO.JSP_BAB I.pdf

Download (202kB)

Abstract

Perkembangan teknologi menggunakan web saat ini untuk meningkatkan penjualan dan membuat market place, karena mengikuti perkembangan digital yang semakin berkembang. Mahkota shoes merupakan toko yang menjual sepatu dengan harga yang terjangkau, disini konsumen memiliki alasan tersendiri dalam memilih produk yang ingin dibeli, namun Mahkota shoes tidaklah mampu dalam membagikan kelompok produk tersebut masuk kategori laris dan tidak laris. Sehingga kesulitan yang dialami yaitu seringnya kekurangan stok produk yang laku karena penjualannya tinggi dan menumpuknya produk yang tidak laris di gudang karena penjualannya rendah. Berdasarkan permasalahan di atas maka dibutuhkan data mining untuk mengelompokkan produk mana saja yang laris dan tidak. Algoritma C4.5 merupakan salah satu teknik klasifikasi pada machine learning yang digunakan pada proses data mining dengan membentuk sebuah pohon keputusan (decision tree) yang direpresentasikan dalam bentuk aturan atau rule. Penelitian ini menggunakan 40 sample data sebagai sampel data yang akan di klasifikasikan. Data set hasil klasifikasi terhadap produk sepatu yang di jual di Mahkota Shoes ini digunakan untuk menghasilkan model, rule dan nilai akurasi prediksi penjualan sepatu dengan menggunakan metode klasifikasi data mining algoritma Decision Tree C4.5, untuk melihat hasil nilai akurasi dari beberapa atribut yaitu harga, kualitas produk, ukuran. Hasil penelitian ini yaitu 4 rule yang akar utamanya kualitas bahan, akar selanjutnya ukuran, dan diikuiti dengan harga dari produk.hasil dari penelitian ini dapat membantu pemilik dalam melakukan klasifikasi penjualan produk secara otomatis dari olahan data penjualan dari excell ke dalam sistem. Hal ini dibuktikan dengan mengklasifikasi data ukuran, harga dan kualitas bahan secara otomatis saat upload data selesai dan tersimpan kedalam database

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:41
Last Modified: 12 Aug 2024 07:41
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item View Item