PENENTUAN TINGKAT PENILAIAN KINERJA GURU PADA SMPS YOS SUDARSO 2 SIBERUT MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE AHP DAN TOPSIS BERBASIS WEB

Varani, Babtista (2024) PENENTUAN TINGKAT PENILAIAN KINERJA GURU PADA SMPS YOS SUDARSO 2 SIBERUT MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE AHP DAN TOPSIS BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630007_BABTISTA VARANI_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630007_BABTISTA VARANI_BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630007_BABTISTA VARANI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630007_BABTISTA VARANI_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masalah kinerja guru menjadi salah satu sorotan pihak SMPS Yos Sudarso 2 Muara Siberut, oleh karena itu secara berkala dilakukan penilaian kinerja terhadap semua guru setiap satu tahun sekali pada akhir tahun yang dibuat oleh pejabat penilai untuk menjamin kualitas guru yang mengajar. Namun proses pengolahan data penilaian kinerja guru masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan setiap kali melakukan penilaian masih menggunakan kalkulator sehingga cenderung terjadinya kesalahan dalam melakukan pengolahan data. Selain itu penilaian yang dilakukan juga cenderung subjektif karena dapat memperhatikan kedekatan sosial dengan pihak tim penilai dari sekolah serta belum adanya kriteria penilaian yang baku untuk mengevaluasi kinerja guru terbaik serta belum adanya metode yang tepat dalam menentukan penilaian. Untuk membantu pihak SMPS Yos Sudarso 2 dalam menentukan penilaian kinerja guru terbaik, peneliti mengkombinasikan metode AHP dan TOPSIS untuk memanipulasi data guru yang ambigu dengan mencari data yang sesuai dan akurat untuk kriteria yang digunakan dalam proses penilaian kinerja guru. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan metode pengambilan keputusan yang komprehensif. agar data yang telah dikumpulkan dapat bermanfaat, maka data tersebut diolah dan dianalisis untuk mengintepretasikan dan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan (Siregar, 2022). TOPSIS adalah salah satu metode pendukung keputusan yang berkonsep bahwa alternatif yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negative (Meilani & Wardana, 2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sistem yang dibuat berdasarkan kombinasi metode AHP dan Topsis efektif dalam menentukan penilaian kinerja guru dan mengurangi adanya human error. Penelitian ini dapat membantu mengurangi adanya kemungkinan subjektifitas dalam penilaian, karena data-data yang telah masuk sistem tidak mudah dirubah oleh tim penilai dan harus melalui admin, karena yang dapat mengakses dan melakukan perubahan data hanya admin saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:14
Last Modified: 12 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item