IMPLEMENTASI VPN SERVER MENGGUNAKANA PROTOKOL L2TP (LAYER 2 TUNNELING PROTOKOL) DAN IPSEC SEBAGAI KEAMANAN JARINGAN PADA BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI SUMATRA BARAT

Hasanah, Nil Uswatu (2024) IMPLEMENTASI VPN SERVER MENGGUNAKANA PROTOKOL L2TP (LAYER 2 TUNNELING PROTOKOL) DAN IPSEC SEBAGAI KEAMANAN JARINGAN PADA BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI SUMATRA BARAT. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630025_NILUSWATUL HASANAH_ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630025_NILUSWATUL HASANAH_BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630025_NILUSWATUL HASANAH_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630025_NILUSWATUL HASANAH_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan dan keamanan pada jaringan suatu badan pusat statisticadalah dengan menambahkan fitur VPN. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, namun tidak diimbangi dengan keberadaan sumber daya manusia atau Administrator jaringan yang terampil, ancaman kejahatan dunia maya pun bermunculan. Administrator yang selalu memonitoring jalanya lalu lintas dengan mengakses router dan access point untuk mengetahui kondisi jaringan. ada kalanya ketika Administrator berada pada jaringan publik maka tidak dapat mengakses router dan perangkat access point dikarenakan IP publik yang didapatkan bersifat Dynamic (acak). Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan melalui metode Network Development Life Cycle (NDLC) dengan mengabungkan sistem protokol VPN L2TP dan IPSec yang ada pada Mikrotik. VPN merupakan sebuah jaringan private dan aman dengan menggunakan jaringan publik seperti internet. Salah satu basis pengamanan teknologi VPN adalah Internet Protocol Security (IPSec). IPSec merupakan protokol yang digunakan untuk mengamankan transmisi datagram pada jaringan berbasis TCP/IP. (L2TP) merupakan salah satu tunneling protocol yang dapat digunakan dan mendukung VPN. L2TP juga merupakan terowongan normal dari satu router ke router lain atau dari klien ke gateway host melalui Server Akses Jaringan (NAS) ISP. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem jaringan Virtual Private Network (VPN) dengan memanfaatkan jaringan publik. dimana sistem ini memberikan peningkatan keamanan tahap lanjut pada jaringan internet dengan menggunakan IPSec.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Jaringan Komputer
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:57
Last Modified: 12 Aug 2024 06:57
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11635

Actions (login required)

View Item View Item