ANALISA ASOSIASI DAN KLASTERISASI PENJUALAN PADA TOKO PT. INTAN SUKSES INSPIRASI MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA FP-GROWTH DAN ALGORITMA K-MEANS

Salim, Vinsensius Ivander Swadaya (2024) ANALISA ASOSIASI DAN KLASTERISASI PENJUALAN PADA TOKO PT. INTAN SUKSES INSPIRASI MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA FP-GROWTH DAN ALGORITMA K-MEANS. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630036_VINSENSIUS IVANDER SWADAYA SALIM_ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630036_VINSENSIUS IVANDER SWADAYA SALIM_BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630036_VINSENSIUS IVANDER SWADAYA SALIM_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630036_VINSENSIUS IVANDER SWADAYA SALIM_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PT.Intan Sukses Inspirasi bekerja sebagai perusahaan grosir yang menjual berbagai produk minuman, Semakin banyak transaksi penjualan yang masuk membuat perusahaan sulit untuk memprediksi produk yang laris terjual. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan teknologi data mining yang digunakan untuk mengungkap informasi yang masih belum diketahui dan menemukan pola dan pengetahuan menarik dari jumlah data yang besar. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu PT. Intan Sukses Inspirasi dalam mengetahui produk mana yang diminati konsumen serta menemukan strategi pasar yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk pada PT. Intan Sukses Inspirasi. Teknik data mining yang digunakan yaitu Algoritma FP-Growth yang bertujuan untuk menentukan himpunan data yang sering muncul menggunakan FP-Tree dan Algoritma K-Means yang merupakan teknik klasterisasi untuk mempartisi objek kedalam kluster. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data transaksi penjualan dari bulan Juni sampai Desember 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kedua metode tersebut, Hasil akhir yang didapatkan yaitu terdapat 17 association rules yang dihasilkan dan 3 Cluster dimana Cluster Pertama merupakan kombinasi item yang Sangat Laris, Cluster Kedua merupakan kombinasi item yang Kurang Laris, Cluster Ketiga merupakan kombinasi item yang Tidak Laris. Dengan dibuatnya metode data mining ini, dapat membantu meningkatkan akurasi dalam mencari produk yang paling diminati konsumen guna meningkatkan hasil penjualan PT. Intan Sukses Inspirasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:16
Last Modified: 12 Aug 2024 04:16
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11632

Actions (login required)

View Item View Item