OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO KERIPIK BALADO ANE MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN ALGORITMA ECLAT

Gunawan, Rizki (2024) OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO KERIPIK BALADO ANE MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN ALGORITMA ECLAT. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630071_RIZKI GUNAWAN_ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630071_RIZKI GUNAWAN_BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630071_RIZKI GUNAWAN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630071_RIZKI GUNAWAN_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar produk oleh- oleh, penelitian ini mengeksplorasi penggunaan data transaksi penjualan Keripik Balado Ane untuk mengidentifikasi pola pembelian konsumen .Tujuan penelitian ini adalah mengklasifikasi penjualan guna merancang strategi penjualan yang lebih efektif dan membangun sebuah aplikasi sistem yang dapat digunakan oleh pihak Keripik Balado Ane untuk mengoptimalisasi customer relationship management dalam menetukan pola pembelian dengan menggunakan Metode Market Basket Analysis dan Algoritma Eclat. Metode ini dipilih agar dapat menentukan himpunan data yang paling sering muncul dan mencari serta menganalisa data transakasi penjualan yang terjadi. Untuk mendukung penelitian ini digunakan pengumpulan data dengan cara pengamatan, wawancara, penelitian Pustaka dan penelitian laboratorium. Sehingga hasil dari penelitian ini yaitu terbangunnya sebuah aplikasi penjualan sehingga dapat mengoptimalkan manajemen persediaan, meningkatkan strategi pemasaran, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui penerapan Customer Relationship Management (CRM). Integrasi CRM akan membantu toko memahami kebutuhan pelanggan secara lebih baik, sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan mempertahankan posisi kompetitif di pasar. Hasil yang didapatkan yaitu association rule yang memenuhi syarat support ≥ 15% conficence ≥ 50% adalah: H → T = 76, 92% (jika membeli Bumbu Sup Abrafood, maka membeli Keripik Balado Ane), A→ E = 58,82% (jika membeli Karupuak Jariang, maka membeli Ikan Kering 100gr), D → T = 61,11% (jika membeli Lapis Legit Jadul, maka membeli Keripik Balado Ane).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:37
Last Modified: 12 Aug 2024 03:37
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11626

Actions (login required)

View Item View Item