OPTIMALISASI MANAJEMEN BISNIS DENGAN MENENTUKAN POLA SEKUENSIAL MENGGUNAKAN ALGORITMA SEQUENTIAL PATTERN DISCOVERY USING EQUIVALENT CLASSES (SPADE) PADA TOKO DIAN OFFSET PARIAMAN

Albani, Syukri (2024) OPTIMALISASI MANAJEMEN BISNIS DENGAN MENENTUKAN POLA SEKUENSIAL MENGGUNAKAN ALGORITMA SEQUENTIAL PATTERN DISCOVERY USING EQUIVALENT CLASSES (SPADE) PADA TOKO DIAN OFFSET PARIAMAN. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630074_Syukri Albani_ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630074_Syukri Albani_BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630074_Syukri Albani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630074_Syukri Albani_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada umumnya sebuah perusahaan dapat menghasilkan kumpulan data transaksi penjualan barang dalam ukuran besar. Akan tetapi seringkali data tersebut hanya disimpan tanpa diolah lebih lanjut. Salah satu strategi dalam mengoptimalkan bisnis manajemen dapat menggunakan analisis pola sequensial dalam transaksi penjualan, Analisis pola sequensial bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami pola-pola ini untuk mendapatkan wawasan atau informasi yang berharga. Algoritma SPADE (Sequential PAttern Discovery using Equivalence classes) adalah algoritma berbasis candidate generation and test untuk penemuan pola sekuensial dalam sebuah database. Algoritma ini mencari frequent sequence dari data transaksi penjualan menggunakan vertical database dan proses join sequence. Dengan mengadopsi fungsi-fungsi pada algoritma Spade, akan dilihat kecenderungan pembelian barang oleh customer dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan hasil percobaan, algoritma SPADE mampu mengekstraksi pola sekuensial yang relevan dari data transaksi toko. Temuan utama melibatkan sebuah urutan dengan frekuensi 2 sequence, yaitu A → B dengan nama barang BUKU TULIS BO 38(PH) → PENA STANDARD AE7 HITAM. Temuan ini muncul dengan tingkat support sebesar 10% dari total keseluruhan transaksi. Dengan mengidentifikasi urutan transaksi yang berulang, toko dapat lebih memahami preferensi pelanggan dan tren pembelian, yang pada gilirannya memungkinkan penyesuaian strategi pemasaran dan penyusunan stok yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:26
Last Modified: 12 Aug 2024 03:26
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11624

Actions (login required)

View Item View Item