ANALISA PERBANDINGAN QOS (QUALITY OF SERVICE) ANTARA PROTOKOL PPTP DAN L2TP PADA VIRTUAL PRIVATE NETWORK BERBASIS ROUTER MIKROTIK SEBAGAI MEDIA TRANSFER DATA PADA PT. TASPEN (PERSERO) PADANG

Taufiq, Muhammad (2024) ANALISA PERBANDINGAN QOS (QUALITY OF SERVICE) ANTARA PROTOKOL PPTP DAN L2TP PADA VIRTUAL PRIVATE NETWORK BERBASIS ROUTER MIKROTIK SEBAGAI MEDIA TRANSFER DATA PADA PT. TASPEN (PERSERO) PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630138_Muhammad Taufiq_ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630138_Muhammad Taufiq_BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630138_Muhammad Taufiq_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630138_Muhammad Taufiq_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

VPN (Virtual Private Network) adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk terhubung ke jaringan publik dan menggunakannya di jaringan lokal. Ada berbagai jenis VPN dalam penerapannya, antara lain L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol) dan PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocol). Setiap protokol VPN berkinerja berbeda dalam hal kecepatan transfer data yang dapat diuji performanya menggunakan beberapa parameter QoS (Quality of Service). Berdasarkan Surat Keputusan Direksi PT. TASPEN (Persero) tanggal 8 Agustus 1987 dibentuklah kantor cabang PT. TASPEN (Persero) di wilayah pulau Sumatera termasuk kantor cabang PT. TASPEN (Persero) Padang. PT. TASPEN (Persero) mendapatkan tugas dari pemerintah untuk menyelenggarakan pembayaran pensiun Pegawai Negeri Sipil Pusat di wilayah Sumatera berdasarkan SK. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa perbandingan performa QoS dari protokol PPTP dan L2TP pada VPN yang telah diterapkan pada PT. Taspen. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat objektif, kritis dan logis dengan berpedoman pada beberapa studi literatur sebelumnya. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dari Maret-Juli 2023 pada Kantor Cabang PT. Taspen Kota Padang dengan menggunakan kumpulan data, wawancara dan penelitian secara langsung dengan menerapkan metode QoS pada protocol PPTP dan L2TP. Hasil penelitian yang didapatkan dari perbandingan kategori parameter QoS adalah nilai throughtput PPTP masuk dalam kategori sedang, dibandingkan L2TP, yaitu buruk. Nilai delay PPTP dan L2TP pada percobaan kategori sangat bagus, sedangkan nilai packet loss pada kedua protokol tidak menunjukkan adanya paket yang hilang selama pengamatan berlangsung. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan protokol PPTP dan L2TP, sistem keamanan yang diterapkan menunjukkan bahwa kedua protokol L2TP berkinerja lebih baik dari pada PPTP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Jaringan Komputer
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:52
Last Modified: 09 Aug 2024 07:52
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11612

Actions (login required)

View Item View Item