IMPLEMENTASI PROTOKOL L2TP/IPSec DAN PORT FORWARDING UNTUK JARINGAN DYNAMIC IP PADA BPJS KESEHATAN KABUPATEN PASAMAN TIMUR

Hrp, Mhd Azharuddin (2024) IMPLEMENTASI PROTOKOL L2TP/IPSec DAN PORT FORWARDING UNTUK JARINGAN DYNAMIC IP PADA BPJS KESEHATAN KABUPATEN PASAMAN TIMUR. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630172_MHD AZHARUDDIN HRP_ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630172_MHD AZHARUDDIN HRP_BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630172_MHD AZHARUDDIN HRP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630172_MHD AZHARUDDIN HRP_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat membuat kebutuhan masyarakat dunia akan akses internet semakin tinggi.Saat ini pelayanan kepada masyarakat dilakukan secara online, penyelenggaraan program jaminan kesehatan nasional (JKN) masih banyak dikeluhkan masyarakat dan sistem yang ada di BPJS Kesehatan harus selalu terkoneksi. Jika terjadi beberapa menit saja kerusakan jaringan maka akan menyebabkan banyak antrian layanan yang tertunda dan masyarakat akan mengeluh.Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan maka akan diterapakan VPN L2TP/IPSec dan Port Forwarding kepada masyarat yang diberikan oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman Timur. Adapun perancangan yang akan dilakukan pada penelitian berdasarkan dari data-data yang dikumpulkan melalui kunjungan ke tempat penelitian dan wawancara langsung dengan bagian IT dari tempat penelitian. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian melakukan pembetukan L2TP/IPSec pada kantor Dengan diterapkannya L2TP/IPSec pada kantor yaitu memudahkan dalam melakukan pertukaran data pada kantor setelah itu penggabungan sistem protokol VPN L2TP/IPSec dan port forwarding yang ada di mikrotik VPS. VPN L2TP/IPSec yang dapat membantu menghubungkan dua router yang berbeda dalam satu jaringan private yang aman dan memungkingkan data kantor lebih aman. Penggunaan VPS untuk mendapatkan Static Public IP sehingga dapat di port forwarding untuk membuka akses terhadap perangkat pada jaringan lokal agar dapat diakses melalui jaringan publik melalui remote address VPN. Dengan adanya L2TP/IPSec ini diharapkan dapat menjadi solusi private network di kantor. agar koneksi pada kantor lebih aman dari ancaman serangan jaringan dari luar.meberikan keamanan dalam hal pertukaran data dapat digunakan Administrator dari jaringan publik untuk melakukan remote router mikrotik pada jaringan Dynamic IP Public.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Jaringan Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:48
Last Modified: 09 Aug 2024 07:48
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11611

Actions (login required)

View Item View Item