SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DEMAM BERDARAH MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN PENENTUAN TINGKAT KEPASTIANNYA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Marisko, Repi (2024) SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DEMAM BERDARAH MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN PENENTUAN TINGKAT KEPASTIANNYA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630182_REPI MARISKO_ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630182_REPI MARISKO_BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630182_REPI MARISKO_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630182_REPI MARISKO_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pakar yang dapat membantu dalam diagnosis Demam Berdarah Dengue (DBD) menggunakan metode forward chaining dan Certainty Factor. Dalam era teknologi informasi yang berkembang pesat, pendekatan ini menjadi penting dalam menangani tantangan yang terkait dengan penyakit DBD, termasuk kesulitan dalam identifikasi dini dan ketersediaan pelayanan medis yang memadai. Metode forward chaining digunakan untuk memungkinkan sistem melakukan pencarian kedepan berdasarkan informasi yang ada, sementara Certainty Factor digunakan untuk menentukan tingkat kepastian dari hasil diagnosis yang diberikan. Dengan memanfaatkan dataset yang mencakup data gejala dan tanda-tanda DBD serta hasil diagnosis dari pakar kesehatan, sistem pakar ini bertujuan untuk memberikan diagnosa yang akurat dan dapat diandalkan. Salah satu keunggulan dari sistem ini adalah pengujian online yang memperluas aksesibilitasnya kepada masyarakat umum, memungkinkan individu untuk mendapatkan informasi dan bantuan diagnosis dengan lebih cepat dan mudah. Dengan demikian, pengembangan sistem pakar ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penanganan DBD dan juga memperluas aksesibilitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Melalui integrasi teknologi informasi dalam bidang kesehatan, diharapkan dapat tercipta solusi yang lebih efisien dan terjangkau untuk mendukung upaya pencegahan, diagnosis, dan penanganan penyakit seperti DBD, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat secara luas. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi terhadap pengembangan teknologi informasi dalam bidang kesehatan, tetapi juga dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Pakar
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:45
Last Modified: 09 Aug 2024 07:45
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item