ANALISIS DAN IMPLEMENTASI JARINGAN BERBASIS NAT (NETWORK ADDRESS TRANSLATION) DENGAN METODE PAT (PORT ADDRESS TRANSLATION) PADA DINAS KOMINFO BUKITTINGI

Rivalka, Rayhan (2024) ANALISIS DAN IMPLEMENTASI JARINGAN BERBASIS NAT (NETWORK ADDRESS TRANSLATION) DENGAN METODE PAT (PORT ADDRESS TRANSLATION) PADA DINAS KOMINFO BUKITTINGI. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630231_RAYHAN RIVALKA_ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630231_RAYHAN RIVALKA_BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630231_RAYHAN RIVALKA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630231_RAYHAN RIVALKA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan sistem keamanan jaringan komputer baik untuk sistem informasi atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet, sangat rentan sekali terhadap penyusupan, pencurian data serta penyalahgunaan informasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga upaya untuk melindungi sistem tersebut sangat dibutuhkan. Firewall merupakan salah satu solusi perlindungan jaringan komputer dalam mencegah adanya tindakan tersebut. metode yang diterapkanpun bermacam-macam meliputi Circuit Level gateway, Application level gateway, dan Packet Filtering firewall. Sebagai contoh adalah metode Packet Filtering, lalu lintas data akan di filter pada layer network meliputi IP Address dan Port, akan tetapi semakin meningkatknya kebutuhan keamanan, maka dibutuhan suatu keamanan yang dapat menginspeksi lebih dari satu lapisan protokol jaringan didalam satu sistem, sedangkan untuk menerapkan keamanan tersebut dibutuhkan suatu infrastruktur dan perangkat yang tidak murah. Sehingga diperlukan suatu perangkat dan sistem keamanan firewall yang ekonomis,efisien sekaligus mampu bekerja secara optimal untuk melindungi jaringan komputer. metode PAT (Port Address Translation) adalah suatu perancangan keamanan jaringan server yang memanfaatkan fungsi PAT pada perangkat firewall. Mikrotik merupakan salah satu Operating System yang mempunyai fitur unggulan, salah satunya adalah sebagai Firewall. Laporan tugas akhir ini akan menguraikan aktifitas dan produk yang dihasilkan pada masing masing tahap pengembangan. Analisis dan implementasi firewall multilayer ini akan menghasilkan sebuah metode keamanan berlapis dengan meningkatkan pemfilteran yang lebih selektif, kemudahan administrasi sistem dan pengelolaanya. Pada tahap akhir pengembangan metode firewall, hal-hal apa yang telah dilakukan dan apa yang belum dilakukan pada pengembangan firewall ini akan diulas dan di evaluasi pada bagian akhir laporan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Jaringan Komputer
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:24
Last Modified: 09 Aug 2024 07:24
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item