PENENTUAN REKOMENDASI PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN UNTUK OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA TOKO BANGUNAN ANNA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR (KNN)

Firmansyah, Arif (2024) PENENTUAN REKOMENDASI PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN UNTUK OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA TOKO BANGUNAN ANNA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR (KNN). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630253_ARIF FIRMANSYAH_ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630253_ARIF FIRMANSYAH_BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630253_ARIF FIRMANSYAH_DAFTAR PUSTALA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630253_ARIF FIRMANSYAH_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memberikan kemudahan dalam pengaksesa informasi. Informasi dapat diperoleh dengan mudah dan cepat. Informasi yangdiperoleh dapat digunakan berbagai hal, salah satunya sebagai rekomendasi untuk menentukan pemilihan bahan bangunan. Salah satu perkembangan teknologi informasi adalah penerapan sistem rekomendasi. Adanya sistem rekomendasi dapat mempermudah penggunanya dalam pilihan. Toko Bangunan Anna sudah menjadi kepercayaan masyarakat untuk membeli bahan bagunan, biasanya ketika pelanggan berkunjung akan dihadapkan pada beberapa produk pilihan yang ada. Pelanggan biasanya sudah mempunyai pilihan bahan bangunan yang dicarinya, tetapi ada juga pelanggan yang masih sulit dan kebingungan dalam menentukan bahan bangunan yang ingin dicarinya. Bagi pelanggan yang belum ada pilihan ini diperlukan suatu sistem rekomendasi yang bertujuan untuk membantu took dalam mengelola rekomendasi bahan bangunan sehingga pelanggan memilih bahan bangunan lebih efektif dalam menentukan bahan bangunan yang diinginkannya. Metode K-Nearest Neighbor (KNN) merupakan salah satu metode klasifikasi yang menentukan kategori berdasarkan mayoritas kategori yang dilakukan dengan mencari kelompok k objek dalam data latih yang paling dekat dengan data uji atau data testing. Dataset yang digunakan pada peneltian ini adalah data produk cat berdasarkan jenis, warna, berat, harga, dan terjual. Hasil penelitian ini dapat membantu mengoptimalkan customer relationship management dan merekomendasikan bahan bangunan kepada pelanggan. Kesimpulan penelitian yang sudah dilakukan yaitu terbukti dapat membantu Toko Bangunan Anna dalam mencari bahan bangunan yang diinginkan pelanggan dibuktikan dengan sistem yang dihasilkan dapat mempermudah pelanggan dalam mencari bahan bangunan yang diinginkan, penelitian ini terbukti dapat membantu Toko Bangunan Anna dalam merekomendasikan pembelian bahan bangunan, dan penelitian ini terbukti dapat mengoptimalkan hubungan antara Toko Bangunan Anna dengan pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:45
Last Modified: 09 Aug 2024 03:45
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item