IMPLEMENTASI HONEYPOT DENGAN FWSNORT (FIRWALL SNORT) DAN PSAD (PORT SCAN ATTACK DETECTOR) SEBAGAI INTRUSION PREVENTION SYSTEM UNTUK KEAMANAN JARINGAN PADA RSUD. LUBUK BASUNG

Sumardi, Arjuna Sastria Dwi (2024) IMPLEMENTASI HONEYPOT DENGAN FWSNORT (FIRWALL SNORT) DAN PSAD (PORT SCAN ATTACK DETECTOR) SEBAGAI INTRUSION PREVENTION SYSTEM UNTUK KEAMANAN JARINGAN PADA RSUD. LUBUK BASUNG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630254_ARJUNA SATRIA DWI SUMARDI_ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630254_ARJUNA SATRIA DWI SUMARDI_BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630254_ARJUNA SATRIA DWI SUMARDI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630254_ARJUNA SATRIA DWI SUMARDI_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RSUD Lubuk Basung merupakan tempat dimana terdapat banyak data petugas maupun pasien. Dengan adanya data yang disimpan, tentu sangat diperlukan pengamanan pada data tersebut. Kurangnya keamanan jaringan membuat para pencuri data atau biasa kita sebut Hacker yang leluasa untuk melakukan Hacking pada suatu data yang ada pada server target. Peneliitian ini menggukan Honeypot dalam menjaga kemanan jaringan pada RSUD Lubuk Basung. Honeypot sendiri merupakan sebuah sitem kemanan komputer yang dirancang untuk menarik Hacker dengan menyediakan sasaran palsu yang terlihat menrik bagi Hacker. Snort merupkan sebuah aplikasi atau software yang bersifat open source. Snort adalah sebuah software ringkas yang sangat berguna untuk mengamati aktivitas dalam suatu jaringan computer. Snort dapat digunakan sebagai Intrusion Detection System (IDS) yang berskala ringan (lightweight), dan software ini menggunakan rules system yang relatif mudah dipelajari untuk melakukan deteksi dan pencatatan (logging) terhadap berbagai macam serangan atau penyusupan dengan cara mendeteksi serangan dan diteruskan ke administrator agar dapat dihentikan. Selanjutnya metode Intrusion Prevention System (IPS) melakukan monitoring terhadap seluruh aktivitas jaringan dan langsung melakukan pencegahan terhadap gangguan atau serangan seperti Blocking atau Drop program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Jaringan Komputer
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:33
Last Modified: 09 Aug 2024 03:33
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11596

Actions (login required)

View Item View Item