PENGGUNAAN METODE SIMULATED ANNEALING UNTUK OPTIMASI PENEMPATAN POSISI ACCESS POINT PADA JARINGAN WI-FI KANTOR KOMINFO KOTA SOLOK

Afnan, Hafizh Putra (2024) PENGGUNAAN METODE SIMULATED ANNEALING UNTUK OPTIMASI PENEMPATAN POSISI ACCESS POINT PADA JARINGAN WI-FI KANTOR KOMINFO KOTA SOLOK. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630264_Hafizh Putra Afnan_ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630264_Hafizh Putra Afnan_BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630264_Hafizh Putra Afnan_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630264_Hafizh Putra Afnan_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan dunia teknologi informasi pada saat ini sangat berkembang pesat, hampir semua aspek kehidupan menggunakan jaringan internet. Kebutuhan akan wi-fi terlihat dengan jelas, baik dirumah, perkantoran, sekolah ataupun pusat-pusat perbelanjaan sudah banyak menggunakannya, namun pemasangan access point belum tepat terpasang pada titik-titik tertentu yang akan mengakibatkan blank spot atau tidak terdapat sinyal wi-fi sama sekali. Metode optimasi yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu simulated annealing yaitu metode optimasi yang mensimulasikan proses annealing pada penempatan posisi access point untuk menghasilkan area tercover optimal dengan menggunakan energi seminimal mungkin. Dengan memperbaiki area-area blank spot di Kantor Kominfo Kota Solok, karyawan dapat merasakan peningkatan dalam efisiensi bekerja dan akses informasi yang lebih cepat. Dengan menerapkan metode simulated annealing dalam proses optimasi penempatan access point, dapat mengurangi area-area blank spot sehingga terhindar dari terjadinya penumpukan sinyal yang tidak diinginkan. Penerapan metode ini dalam bentuk aplikasi berbasis web memberikan kemudahan bagi administrator dalam menentukan area yang tercover oleh access point, serta memberikan rekomendasi penempatan access point yang optimal berdasarkan kondisi lingkungan yang berubah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Jaringan Komputer
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:12
Last Modified: 09 Aug 2024 03:12
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item