IMPLEMENTASI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEPEDA MOTOR BEKAS PADA BARODA MOTOR MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

RAHMAN, AFRIDHO (2023) IMPLEMENTASI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEPEDA MOTOR BEKAS PADA BARODA MOTOR MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_19101152610094 AFRIDHO RAHMAN_ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610094 AFRIDHO RAHMAN_BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610094 AFRIDHO RAHMAN_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610094 AFRIDHO RAHMAN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Kendaraan motor merupakan salah satu alat transportasi dalam penggunaan yang banyak dibutuhkan di masyarakat. Dalam keadaan macet, motor dapat memberikan mobilitas yang baik. Sepeda motor merupakan salah satu kebutuhan primer, untuk masyarakat ekonomi kelas menengah. Keterbatasan ekonomi sebagian masyarakat untuk membeli motor baru mengalami kendala. Sehingga cara alternatif dengan memilih membeli motor bekas. Tidak sedikit konsumen yang ingin membeli sepeda motor bekas dengan harga yang sedikit lebih murah tapi dengan merek yang berkualitas. Dengan alasan kurangnya biaya atau sekedar ingin mengganti sepeda motor bekas yang dimiliki, maka membeli sepeda motor bekas dapat dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Metode SAW merupakan suatu metode yang sering digunakan untuk mengambil sebuah keputusan dengan menggunakan algoritma yang berbobot dan memerlukan normalisasi matiks yang memiliki skala rating alternatif yang tersedia. Untuk mengatasi permasalahan yang ada maka diperlukan penerapan sistem pendukung keputusan dalam pemilihan sepeda motor bekas terbaik agar memberikan penilaian secara terstruktur yang dapat membantu pengunjung dalam memilih sepeda motor bekas terbaik dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dengan adanya sistem penunjang keputusan pemilihan sepeda motor bekas yang menerapkan metode SAW ini maka sistem ini diharapkan dapat membantu pengunjung memilih sepeda motor bekas yang terbaik, dapat memenuhi kebutuhan informasi yang berkenaan dengan pemilihan sepeda motor bekas terbaik, dan dapat menjawab dan membantu admin dan pengunjung dalam menyelesaikan masalah pemilihan sepeda motor bekas terbaik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:36
Last Modified: 08 Aug 2024 07:36
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11585

Actions (login required)

View Item View Item