SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN BEASISWA UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMA NEGERI 2 SUNGAI PENUH MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Ramadhan, Ramadhan (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN BEASISWA UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMA NEGERI 2 SUNGAI PENUH MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630286_RAMADHAN_ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630286_RAMADHAN_BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630286_RAMADHAN_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630286_RAMADHAN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)

Abstract

Beasiswa dapat dikatakan sebagai pembiayaan yang tidak bersumber dari pendanaan sendiri atau orang tua, akan tetapi diberikan oleh pemerintah, perusahaan swasta, serta lembaga pendidikan. Biaya tersebut diberikan kepada yang berhak menerima, terutama berdasarkan klasifikasi, kualitas, dan kompetensi bagi penerima beasiswa untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan manajemen sekolah di SMA Negeri 2 Sungai Penuh dengan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Proccess (AHP) yang mampu memberikan urutan ranking terbaik, sehingga menghasilkan kriteria dengan bobot tertinggi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Diharapkan sistem yang dibuat mampu memberikan hasil yang baik sesuai dengan perhitungan yang digunakan, dan dapat mengurangi kesalahan sistem dalam menentukan penerima beasiswa. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap optimalisasi manajemen sekolah, terutama dalam proses penerimaan beasiswa. Keputusan yang diambil mempermudah tim seleksi dalam pengambilan keputusan yang objektif dan transparan. membantu memilih penerima beasiswa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, seperti nilai rapor, absensi, penghasilan orang tua, dan tanggungan orang tua. Hal ini menjadikan penerima beasiswa memiliki kualitas dan kompetensi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:01
Last Modified: 08 Aug 2024 07:01
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item View Item