PENENTUAN KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT BANK PERKREDITAN RAKYAT CINCIN PERMATAANDALAS MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN RANK ORDER CENTROID

Ananda, Chelsy Dhea (2024) PENENTUAN KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT BANK PERKREDITAN RAKYAT CINCIN PERMATAANDALAS MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN RANK ORDER CENTROID. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_20101152630008_CHELSY DHEA ANANDA_ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
SKRIPSI_20101152630008_CHELSY DHEA ANANDA_BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
SKRIPSI_20101152630008_CHELSY DHEA ANANDA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
SKRIPSI_20101152630008_CHELSY DHEA ANANDA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemberian kredit merupakan suatu proses yang sangat penting bagi bank. Salah didalam menghasilkan keputusan bagi penerima kredit akan berakibat gagalnya dalam pembayaran tagihan kredit. PT Bank Perkreditan Rakyat Cincin Permata Andalas adalah sebuah lembaga keuangan yang bergerak dibidang perkreditan. Kredit merupakan pendapatan utama bagi BPR, oleh karena itu BPR harus senantiasa menjaga kreditnya, meningkatnya permintaan masyarakat untuk kredit atau pinjaman dana membuat pihak bank kesulitan dalam penentuan siapa yang layak untuk menerima pinjaman dari pihak bank. Oleh sebab itu perlu dirancang suatu teknologi yang bisa memudahkan perusahaan dalam penentuan kelayakan pemberian kredit dengan kombinasi metode Simple Additive Weighting dan Rank Order Centroid. Metode ini sering digunakan untuk membantu dalam menentukan goal atau keputusan. Konsep yang digunakan adalah dengan pembobotan dengan rating suatu variabel penilai. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dari 30 data nasabah yang sudah diolah menggunakan sistem, menghasilkan 10 orang nasabah yang layak diberikan kredit dengan menggunakan lima kriteria yaitu pendapatan pertahun, sumber penghasilan, tanggungan, status rumah dan tujuan kredit. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang dirancang ini dapat membantu pihak perusahaan dalam penentuan kelayakan pemberian kredit dengan kombinasi metode Simple Additive Weighting dan Rank Order Centroid, serta memberikan informasi secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 10:27
Last Modified: 07 Aug 2024 10:27
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11565

Actions (login required)

View Item View Item