SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN BEASISWA KURANG MAMPU UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMA N 5 PADANG MENGGUNAKAN METODE VIKOR

Paisal, HenaUtami Putri (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN BEASISWA KURANG MAMPU UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMA N 5 PADANG MENGGUNAKAN METODE VIKOR. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_HENA UTAMI PUTRI PAISAL_20101152630016_ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
SKRIPSI_HENA UTAMI PUTRI PAISAL_20101152630016_BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
SKRIPSI_HENA UTAMI PUTRI PAISAL_20101152630016_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB)
[img] Text
SKRIPSI_HENA UTAMI PUTRI PAISAL_20101152630016_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Setiap beasiswa harus memenuhi kriteria tertentu. Hal ini berarti bahwa untuk penerima beasiswa kurang mampu yaitu siswa yang kurang beruntung secara finansial atau ekonomi. Oleh sebab itu, tidak semua orang yang mendaftar sebagai calon penerima beasiswa akan diterima, hanya mereka yang memenuhi persyaratan kelayakan yang akan diberikan beasiswa.SMA N 5 Padang adalah salah satu sekolah yang memberikan bantuan beasiswa kepada siswanya. Akan tetapi, dalam melakukan proses seleksi beasiswa kurang mampu sekolah mengalami kesulitan. Salah satu permasalahannya yaitu dari banyaknya calon penerima beasiswa kurang mampu, lalu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemilihan, dan terkadang kurang tepatnya pemberian beasiswa kurang mampu karena selama ini hanya melalui rekomendasi dari wali kelas saja. Oleh karena itu pihak seleksi beasiswa kurang mampu pada SMA N 5 Padang membutuhkan penyelesaian sebagai pendukung keputusan dengan multi-kriteria.Metode Vikor adalah metode optimasi multi- kriteria yang digunakan dalam sistem yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Vikor pada penyeleksian beasiswa kurang mampu yang dapat digunakan untuk membantu tim seleksi beasiswa kurang mampu pada SMA N 5 Padang dengan mempertimbangkan kriteria yang digunakan dalam penelitian yaitu rata-rata nilai akhir raport, jumlah tanggungan keluarga, kepemilikan rumah, penghasilan orangtua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Vikor dapat membantu tim seleksi beasiswa kurang mampu dalam menentukan penerima beasiswa yang tepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 10:23
Last Modified: 07 Aug 2024 10:23
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

View Item View Item