IMPLEMENTASI SEQUENCE METHOD FUZZY TSUKAMOTO DAN NAIVE BAYES DALAM PENILAIAN KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AROSUKA

Putri, Lara Edyan (2024) IMPLEMENTASI SEQUENCE METHOD FUZZY TSUKAMOTO DAN NAIVE BAYES DALAM PENILAIAN KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AROSUKA. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_LARA EDYAN PUTRI_20101152630020_ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
SKRIPSI_LARA EDYAN PUTRI_20101152630020_BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
SKRIPSI_LARA EDYAN PUTRI_20101152630020_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
SKRIPSI_LARA EDYAN PUTRI_20101152630020_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat umumnya menggunakan Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas publik dalam bidang kesehatan yang memberikan layanan kesehatan holistic kepada individu dengan menyediakan fasilitas rawat inap, layanan rawat jalan dan pelayanan gawat darurat. Rumah Sakit di harapkan untuk menyediakan pelayanan berkualitas yang terjangkau bagi seluruh masyarakat. Kualitas pelayanan sangat berperan dalam mepengaruhi kepuasan pasien untuk menciptakan loyalitas pasien terhadap Rumah Sakit. Kualitas pelayanan merupakan suatu upaya untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan dari pasien Tujuan dari penelitian ini menentukan kepuasan pasien sebagai bahan evaluasi efektivitas pelayanan kesehatan agar bisa meningkatkan mutu layanan yang diberikan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjadikan Rumah Sakit menjadi lebih baik lagi dari hasil penelitian ini. Metode pada penelitian ini menggunakan Sequence Methode Fuzzy Tsukamoto dan Naïve Bayes. Data penelitian ini didapatkan dari hasil kuesioner yang di bagikan ke pasien berdasarkan penilaian responsiveness, empathy, tangible.Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Fuzzy dan Data Mining menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto dan Naïve Bayes dapat menentukan kepuasan pasien. Pengujian metode Fuzzy Tsukamoto dilakukan menggunakan software Microsoft excel dan MATLAB. Hasil dari Fuzzy Tsukamoto di dapatkan hasil berupa rule kepuasan pasien yang kemudian di hitung dengan Naïve Bayes. Rules kepuasan pasien yang di oleh menggunakan Naïve Bayes dilakukan pengujian dengan excel dan Rapid Miner. Hasil pengujian didapatkan persentase kelas puas 100% dan persentase kelas tidak puas 71%, yang mana tingkat akurasinya adalah 92.86%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 10:19
Last Modified: 07 Aug 2024 10:19
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11563

Actions (login required)

View Item View Item