SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN JURUSAN YANG TEPAT BAGI PESERTA DIDIK BARU PADA SMK N 1 SOLOK MENGGUNAKAN METODE VISEKRITERIJUMSKO KOMPROMISNO RANGIRANJE (VIKOR) BERBASIS WEB

Ramadhani, Putri Aulia (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN JURUSAN YANG TEPAT BAGI PESERTA DIDIK BARU PADA SMK N 1 SOLOK MENGGUNAKAN METODE VISEKRITERIJUMSKO KOMPROMISNO RANGIRANJE (VIKOR) BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_PUTRI AULIA RAMADHANI_20101152630029_ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
SKRIPSI_PUTRI AULIA RAMADHANI_20101152630029_BAB I.pdf

Download (662kB)
[img] Text
SKRIPSI_PUTRI AULIA RAMADHANI_20101152630029_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
SKRIPSI_PUTRI AULIA RAMADHANI_20101152630029_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pemilihan jurusan bagi siswa SMK merupakan awal dari pemilihan karir ke depannya. Penjurusan diperkenalkan sebagai upaya untuk lebih mengarahkan siswa berdasarkan minat dan kemampuan akademiknya. Metode VIKOR merupakan metode dalam pengambilan keputusan multi kriteria atau yang sering dikenal dengan istilah Multi Criteria Decision Making (MCDM). Sistem pendukung keputusan di dunia Pendidikan dipandang sebagai aset penting untuk menunjang kelancaran dan keakuratan dalam pencapaian suatu tujuan. SMK Negeri 1 Solok belum memiliki sistem pendukung keputusan untuk membantu peserta didik baru dalam menetukakan jurusan yang tepat, pengambilan keputusan secara manual akan menghasilkan penilaian yang tidak objektif sehingga tidak tepat. Oleh karena itu, penggunaan metode VIKOR dapat bermanfaat dalam mendukung sistem pengambilan keputusan dikarenakan metode ini dapat mendukung penilaian kriteria nilai rafor, nilai minat bakat dan nilai wawancara. Proses pengembangan sistem pendukung keputusan untuk penentuan jurusan bagi peserta didik baru di SMK Negeri 1 Solok yang sebelumnya masih mengandalkan hasil tes yang dilakukan secara manual dilakukan oleh panitia dan panitia tidak bisa merekomendasikan untuk memilih jurusan yang tepat bagi peserta didik tersebut. Pada saat ini peneliti telah melakukan secara komputerisasi menggunakan metode VIKOR dan memiliki kelebihan yaitu apabila pada jurusan pertama tidak memenuhi kriteria, maka peserta didik akan direkomendasikan pada jurusan berikutnya berdasarkan nilai rapor dan hasil tes yang telah dilaksanakan. Alasan pemilihan metode VIKOR dapat memudahkan peserta didik untuk memilih jurusan berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik di SMK Negeri 1 Solok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 10:15
Last Modified: 07 Aug 2024 10:15
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11562

Actions (login required)

View Item View Item