IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMBANTU PESETA DIDIK BARU DALAM MENENTUKAN JURUSAN PADA SMK NEGERI 6 BUNGO MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMAZION ON THE BASIC OF RATIO ANALYSYS (MOORA)

Yulyta, Rosada (2024) IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMBANTU PESETA DIDIK BARU DALAM MENENTUKAN JURUSAN PADA SMK NEGERI 6 BUNGO MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMAZION ON THE BASIC OF RATIO ANALYSYS (MOORA). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ROSADA YULYTA_20101152630034_ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
SKRIPSI_ROSADA YULYTA_20101152630034_BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
SKRIPSI_ROSADA YULYTA_20101152630034_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
SKRIPSI_ROSADA YULYTA_20101152630034_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Pemilihan jurusan pada SMKN 6 Bungo masih menggunnakan cara manual, dimana pemilihan jurusan dengan cara manual ini tidak efektif bagi calon siswa tersebut. Dikarenakan banyak siswa memilih jurusan secara acak dan tidak sesuai dengan kemampuan yang telah dimiliki. Penempatan jurusan yang sesuai dapat meningkatkan prestasi serta timbulnya kenyamanan dalam belajar dan kesalahan dalam pemilihan jurusan menyebabkan kurangnya minat dalam belajar, kelesuan dan hilangnya gairah dalam belajar. Hal ini menjadikan pemilihan jurusan menjadi sangat penting baik dalam kelangsungan belajar siswa selama di SMK maupun ketika telah lulus nantinya. Proses pemilihan jurusan pada SMKN 6 Bungo ini di lakukan dengan cara menilai hasil akademik calon siswa tersebut, di mana pemilihan jurusan ini membutuhkan beberapa kriteria diantaranya yaitu nilai rarta-rata matematika, nilai rarta-rata bahasa Indonesia, nilai rarta-rata bahasa inggris, nilai rarta-rata ipa, nilai rarta-rata ips. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemilihan jurusan calon siswa baru pada SMKN 6 Bungo dengan metode Multy Objective Optimazion on the Basic of Ratio Analysis (MOORA) yang mampu membantu pihak sekolah menentukan jurusan siswa sesuai dengan kemampuannya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung kepada pihak sekolah terkait kebutuhan sistem dan kepentingan setiap kriteria. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode MOORA didapatkan rekomendasi jurusan Multi Media 7 Siswa, Teknik Elektronika 3 Siswa, Tata Boga 5 Siswa, Tata Rias 8 Siswa, Tata Busana 13 Siswa. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode MOORA dapat digunakan pada SPK pemilihan jurusan calon siswa baru pada SMKN 6 Bungo. Diharapkan dengan hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 10:12
Last Modified: 07 Aug 2024 10:12
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item