OPTIMALISASI KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN ADDRESS RESOLUTION PROTOCOL (ARP) DAN MULTIFIREWALL PADA MIKROTIK RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH ROPANASURI PADANG

Putra, Syatria Yanesya (2024) OPTIMALISASI KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN ADDRESS RESOLUTION PROTOCOL (ARP) DAN MULTIFIREWALL PADA MIKROTIK RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH ROPANASURI PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img] Text
SKRIPSI_SYATRIA YANESYA PUTRA_20101152630036_Abstrak.pdf

Download (78kB)
[img] Text
SKRIPSI_SYATRIA YANESYA PUTRA_20101152630036_Bab 1.pdf

Download (243kB)
[img] Text
SKRIPSI_SYATRIA YANESYA PUTRA_20101152630036_Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text
SKRIPSI_SYATRIA YANESYA PUTRA_20101152630036_FUL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi jaringan komputer mendukung konektivitas dan pertukaran informasi pada berbagai sektor. Kesuksesan implementasi teknologi tidak bergantung pada kemampuan intergrasi perangkat dalam meningkatkan efisiensi kerja, melainkan juga ketersediaan sistem keamanan handal. Keamanan jaringan komputer menjadi fondasi utama untuk menjamin perlindungan pertukaran data. Perlindungan tidak terfokus mengandalkan firewall bawaan perangkat, melainkan firewall yang terdapat pada router jaringan komputer, dengan tujuan sebagai langkah proaktif menghadapi ancaman cyber yang selalu berkembang. Tujuan penelitian ini adalah mengkonfigurasi ARP dan Multifirewall pada jaringan Rumah Sakit Khusus Bedah Ropanasuri Padang untuk mengoptimalkan keamanan jaringan dengan menggunakan metode penelitian Address Resolution Protocol (ARP), Access Control List (ACL), Port Knocking, Firewall Raw. Hasil penelitian dari penerapan Address Resolution Protocol (ARP) dan Multifirewall memiliki dampak pada keamanan jaringan yang signifikan bagi jaringan local, dimulai dari validasi client dengan menerapkan ARP, serta diterapkan ACL dengan menggabungkan firewall filter rules dan address list untuk autentikasi client sesuai dengan kewenangan akses baik itu server dan internet serta mengantisipasi client yang tidak terdaftar masuk kedalam jaringan, penerapan dari port knocking untuk membatasi akses router mikrotik dari pihak lain yang tidak bertanggung jawab, dan menerapkan firewall raw ditujukan untuk mengantisipasi serangan Denial of Service (DoS) yang memadati jaringan sehingga akses server dan internet menjadi lambat. Penerapan metode ARP dan Multifirewall berhasil meningkatkan keamanan pada jaringan local sekaligus memitigation serangan DoS yang suatu saat bisa mengancam jaringan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Jaringan Komputer
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 10:07
Last Modified: 07 Aug 2024 10:07
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11560

Actions (login required)

View Item View Item