SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA UNTUK PERTUKARAN PELAJAR DALAM RANGKA MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN SEKOLAH SMA NEGERI 1 PALUPUH MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB

Luthfi, M.Farid (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA UNTUK PERTUKARAN PELAJAR DALAM RANGKA MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN SEKOLAH SMA NEGERI 1 PALUPUH MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_M. FARID LUTHFI_20101152630060_ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
SKRIPSI_M. FARID LUTHFI_20101152630060_BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
SKRIPSI_M. FARID LUTHFI_20101152630060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
SKRIPSI_M. FARID LUTHFI_20101152630060_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SMA Negeri 1 Paluluh merupakan salah satu sekolah yang mengikuti program pertukaran pelajar setiap tahunnya. Oleh karena itu, untuk menentukan pelajar sebagai perwakilan dari sekolah, SMA Negeri 1 Palupuh memiliki tanggung jawab yang berat karenanya dibutuhkan pelajar yang berkompeten untuk dapat mengikuti program ini. Masalah yang dirasakan pada saat ini ketika penilaian masih dilakukan dengan cara manual. Dimana sistem penilaian seperti ini sangat beresiko, karena bisa saja siswa yang terpilih sebagai perwakilan terkadang tidak seperti yang diharapkan dan masih ada kekurangan yang siknifikan dalam beberapa kriteria yang diajukan sebagai syarat. Selain itu banyaknya siswa yang harus di seleksi dengan kuota yang terbatas, sehingga proses penilaian membutuhkan waktu yang lebih lama dalam melakukan pemilihan siswa yang lulus dalam program pertukaran pelajar. Oleh karena itu, perlu sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam mengambil keputusan. metode yang diharapkan dapat membantu dalam melakukan pengambilan keputusan di penelitian ini adalah menggunakan metode Technique for Order Performance by Similarity to idea Solution (TOPSIS) yang sering digunakan dalam pengambilan keputusan multikriteria yang praktis. Konsepnya sederhana dan mudah dipahami, komputasinya efisien, dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Hasil yang didapatkan adalah dengan adanya penenelitian ini dapat membantu pihak SMA Negeri 1 Palupuh meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan dalam pemilihan siswa pertukaran pelajar serta dilakukan dengan lebih cepat dan optimal, sehingga sistem yang telah dibangun ini dapat mengurangi kesalahan pengambilan keputusan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 09:45
Last Modified: 07 Aug 2024 09:45
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11557

Actions (login required)

View Item View Item