PENYELEKSIAN KELAYAKAN PENERIMAAN BANTUAN BEDAH RUMAH UNTUK OPTIMALISASI MENAJAMEN PROGRAM KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA DINAS SOSIAL KOTA PADANG MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Rahayu, Thessa Putri (2024) PENYELEKSIAN KELAYAKAN PENERIMAAN BANTUAN BEDAH RUMAH UNTUK OPTIMALISASI MENAJAMEN PROGRAM KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA DINAS SOSIAL KOTA PADANG MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_THESSA PUTRI RAHAYU_20101152630076_ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
SKRIPSI_THESSA PUTRI RAHAYU_20101152630076_BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text
SKRIPSI_THESSA PUTRI RAHAYU_20101152630076_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[img] Text
SKRIPSI_THESSA PUTRI RAHAYU_20101152630076_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pada Dinas Sosial Kota Padang khususnya pada bidang pemberdayaan sosial ada sebuah program kesejahteraan masyarakat yaitu bedah rumah. Dalam pengambilan keputusan seleksi pemilihan penerima bedah rumah pada Dinas Sosial khususnya yang bersumber dari anggaran APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) atas program dari Walikota Padang yang terkendala waktu karena cukup banyak data yang diolah atau diseleksi oleh pegawai Dinas Sosial serta masih dilakukan secara manual. Selain itu sering terjadi kecemburuan sosial dan prasangka yang tidak baik dari masyarakat terhadap Dinas Sosial karena proses seleksi yang manual serta hasilnya tidak dapat dilihat oleh masyarakat. Pada sistem pendukung keputusan pemilihan bedah rumah ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dengan bahasa pemograman PHP dan database MySQl untuk melakukan evaluasi dan pemilihan penerima bantuan secara efisien. Penelitian ini melibatkan analisis kriteria-kriteria yang relevan untuk menilai kelayakan penerima bantuan bedah rumah seperti kondisi rumah, dan kriteria kesejahteraan masyarakat lainnya. Setelah itu, dilakukan pembobotan terhadap setiap kriteria untuk menghitung nilai kelayakan masing-masing penerima. Dimana dengan ketentuan total nilai akhir penyeleksian ≥ 70 maka pemohon dinyatakan layak menerima bantuan bedah rumah, jika total nilai akhir < 70 maka pemohon dinyatakan tidak layak menerima bantuan bedah rumah. Sehingga dapat membantu Dinas Sosial dalam kelancaran proses evaluasi dalam pemilihan penerima bedah rumah selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 09:41
Last Modified: 07 Aug 2024 09:41
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11556

Actions (login required)

View Item View Item