SELEKSI PENENTUAN SISWA PENERIMA BEASISWA BAZNAS UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 KOTO BARU MENGGUNAKAN METODEWEIGHTED PRODUCT

Putri, Dinda Adya (2024) SELEKSI PENENTUAN SISWA PENERIMA BEASISWA BAZNAS UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 KOTO BARU MENGGUNAKAN METODEWEIGHTED PRODUCT. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_DINDA ADYA PUTRI_20101152630088_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
SKRIPSI_DINDA ADYA PUTRI_20101152630088_BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
SKRIPSI_DINDA ADYA PUTRI_20101152630088_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[img] Text
SKRIPSI_DINDA ADYA PUTRI_20101152630088_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Beasiswa dari pemerintah diberikan kepada siswa yang memenuhi persyaratan akademis, karena pendidikan dianggap sebagai komponen penting dalam masyarakat. Beasiswa BAZNAS untuk siswa diberikan kepada siswa SMA Negeri 1 Koto Baru di Kabupaten Dharmasraya. Namun, pihak sekolah masih memilih calon penerima beasiswa secara manual, yang bisa jadi tidak efisien dan menghasilkan identifikasi penerima yang tidak akurat. Metode weighted product (WP) digunakan dalam penelitian ini sebagai komponen sistem pendukung keputusan dalam upaya mengatasi masalah tersebut. Dengan mengalikan peringkat atribut dengan bobot atribut yang bersangkutan, teknik WP mengkorelasikan peringkat atribut untuk memaksimalkan pemilihan penerima beasiswa. Optimalisasi bobot dan fleksibilitas untuk menentukan variabel cost dan benefit di awal, yang mengurangi waktu komputasi. Dengan menggunakan data dari SMA Negeri 1 Koto Baru, metode ini diuji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa output dari sistem ini sesuai dengan hasil perhitungan manual, sehingga meningkatkan efisiensi dalam mengidentifikasi siswa yang menerima beasiswa. Selain itu, situs web yang dibangun dengan PHP dan MySQL digunakan untuk mengimplementasikan sistem ini, sehingga memudahkan untuk mengakses, mengumpulkan, dan mengidentifikasi penerima beasiswa secara real time. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa prosedur seleksi penerima beasiswa di SMA Negeri 1 Koto Baru dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan WP. Situs web menyediakan akses ke sistem, memfasilitasi proses pengambilan keputusan sekolah dalam menerima beasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:45
Last Modified: 19 Aug 2024 02:16
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11554

Actions (login required)

View Item View Item