SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMBERIAN REMISI NARAPIDANA PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB SOLOK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIRARCHY PROCESS DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION

Syalsabilla, Adinda (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMBERIAN REMISI NARAPIDANA PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB SOLOK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIRARCHY PROCESS DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ADINDA SYALSABILLA_20101152630118_ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
SKRIPSI_ADINDA SYALSABILLA_20101152630118_BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
SKRIPSI_ADINDA SYALSABILLA_20101152630118_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
SKRIPSI_ADINDA SYALSABILLA_20101152630118_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Hukum pidana memiliki peranan penting dalam menjaga ketertiban masyarakat, dan sistem pemasyarakatan merupakan elemen krusial dalam penyelenggaraan hukum pidana. Remisi merupakan hak narapidana yang menjadi suatu aspek penting dalam pemasyarakatan yang memberikan insentif atas perilaku baik narapidana selama masa pembinaan. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Solok menghadapi tantangan dalam proses pemberian remisi narapidana tanpa sistem pendukung keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) guna memberikan rekomendasi pemberian remisi narapidana. Metode penelitian ini melibatkan penggunaan AHP untuk memberikan bobot pada kriteria-kriteria yangrelevan dalam proses pemberian remisi, serta TOPSIS untuk melakukan perankingan terhadap setiap alternatif narapidana. Metode ini diimplementasikan dengan membangun sebuah website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dataset penelitian mencakup informasi narapidana dan kriteria yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan pemberian remisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SPK dengan metode AHP dan TOPSIS dapat memberikan rekomendasi pemberian remisi narapidana secara efektif. Sistem ini mampu mengurutkan narapidana berdasarkan tingkat prioritas mereka untuk mendapatkan remisi, meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Solok. Penelitian ini memberikan meliputi peningkatan objektivitas dan efisiensi dalam proses pengambilan keputusan pemberian remisi yang dapat mendukung penyelenggaraan hukum pidana yang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:13
Last Modified: 19 Aug 2024 02:20
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11550

Actions (login required)

View Item View Item