SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN TINGKAT KELARISAN PRODUK YANG DIJUAL PADA TOKO KRIPIK BALADO 4X7 MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB

Nabilla, Salsa (2024) SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN TINGKAT KELARISAN PRODUK YANG DIJUAL PADA TOKO KRIPIK BALADO 4X7 MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img] Text
SKRIPSI_Salsa Nabilla_20101152630190_ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
SKRIPSI_Salsa Nabilla_20101152630190_BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
SKRIPSI_Salsa Nabilla_20101152630190_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
SKRIPSI_Salsa Nabilla_20101152630190_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada era globalisasi teknologi informasi memungkinkan perusahaan Penggunaan IT dalam manajemen produksi memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi sebagian besar proses produksi. Ini termuji dalam manajemen inventaris, pemantauan produksi, pengadaan bahan baku, dan perencanaandistribusi. Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat waktu dan sumber daya. Sektor Olahan produksi yang mencakup berbagai jenis kegiatan produksi, makanandan minuman adalah salah satu sektor ekonomi yang sangat vital dalam perekonomian global. Dalam era digital dan teknologi informasi yang semakin berkembang, perlu memanfaatkan sistem pengambilan keputusan untuk mengoptimalkan produksi mereka. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Metode ini merupakan salah satu teknik pengambilan keputusan multi- kriteria yang memungkinkan perusahaan untuk membandingkan alternatif-produk yang berbeda dalam berbagai aspek kriteria yang telah ditentukan. dapat menggunakan metode TOPSIS untuk menilai berbagai faktor produksi, seperti kualitas bahan baku, efisiensi produksi, biaya, dan faktor-faktor lain yang relevan. Dengan demikian, metode TOPSIS dapat membantu perusahaan dalam menentukanjumlah produksi di Toko Kripik Balado yang optimal. Sistem pengambilan keputusan memainkan peran penting dalam mengelola produksi olahan kuliner di industri makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pengambilan keputusan dalam menentukan produksi olahan kuliner di Kota Padang, khususnya di Toko Kripik Balado 4x7, dengan menerapkan metode TOPSIS berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan Produk olahan terlaris di toko kripik balado 4x7. Brdasarkan kriteria yang ditentukan dengan menggunakan teknik sistem pendukung keputusan. Teknik pengambilan keputusan multi kriteria ini didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai-nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting kriteria tersebut dengan kriteria lain. Hasil akhir yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini akan memberikan suatu alternatif, untuk merekomendasikan Pemilihan produk olahan terlaris berdasarkan jumlah transaksi yang telah terdata sebelumnya, dari hasil perhitungan sistem didapatkan bahwa produk yang perlu distok adalah randang talua dengan nilai perhitungan tertinggi 0,67662.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:47
Last Modified: 07 Aug 2024 02:47
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item