SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN SISWA TELADAN UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BUNGO MENGGUNAKAN METODE SMART

Oktaviani, Zelvia (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN SISWA TELADAN UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BUNGO MENGGUNAKAN METODE SMART. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ZELVIA OKTAVIANI_20101152630195_ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
SKRIPSI_ZELVIA OKTAVIANI_20101152630195_BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
SKRIPSI_ZELVIA OKTAVIANI_20101152630195_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI_ZELVIA OKTAVIANI_20101152630195_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Pemilihan siswa teladan menjadi salah satu langkah penting bagi madrasah aliyah baik negri maupun swasta untuk mempersiapkan siswa/i yang bisa menjadi andalan bagi sekolah dan panutan bagi siswa/i lainnya. Kendala terkait proses pemilihan siswa teladan yang ada di MAN 1 Bungo masih menggunakan cara manual dimana hasil pemilihan diputuskan melalui jalur rapat. Ini mengakibatkan terjadinya subjektifitas dalam melakukan penilaian. Kebutuhan sekolah akan aplikasi untuk pemilihan siswa/i teladan menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka dilakukan penelitian yang akan membangun suatu website aplikasi, serta dapat memberikan output rekomendasi untuk pemilihan siswa/i teladan. Pemilihan tersebut membutuhkan beberapa kriteria diantaranya yaitu nilai Rata-rata, Sikap, Keagamaan, Kedisiplinan, dan Keterampilan. Metode yang digunakan dalam membangun sistem pendukung keputusan pemilihan siswa/i teladan adalah metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) yang merupakan metode pengambilan keputusan multi�atribut. Metode ini digunakan untuk mendukung pembuat keputusan dalam memilih antara beberapa alternatif. Setiap alternatif terdiri dari sekumpulan atribut, dan setiap atribut memiliki nilai-nilai yang dirata-ratakan dengan skala tertentu. Selain itu, setiap atribut memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting skala tertentu dan seberapa penting atribut tersebut dibandingkan dengan atribut lain. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode SMART di dapatkan alternatif A47 dengan nama Sasta Nazila Wedisa Putri yang memiliki rata-rata nilai 87.79, Sikap 2.5454, Keagamaan 173, serta disiplin dan terampil dengan total nilai keseluruhan perhitungan 0.9244. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah website aplikasi yang dapat membantu proses pemilihan siswa/i teladan karena aplikasi ini memberikan output rekomendasi perangkingan siswa dari nilai altenatif yang terbesar hingga terkecil melalui metode SMART. Kedepannya, diharapkan sebaiknya dari pihak sekolah MAN 1 Bungo lebih memperbanyak kriteria dalam penilaian, agar pemilihan yang dilakukan semakin tepat dan dan lebih rinci dalam melakukan pemilihan siswa/i teladan di MAN 1 Bungo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:28
Last Modified: 07 Aug 2024 02:28
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item