SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN SISWA PENERIMA BEASISWA BERPRESTASI PADA MTSN 12 TANAH DATAR UNTUK MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED SUM MODEL (WSM)

Wibawa, Diva Mukti (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN SISWA PENERIMA BEASISWA BERPRESTASI PADA MTSN 12 TANAH DATAR UNTUK MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED SUM MODEL (WSM). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_DIVA MUKTI WIBAWA_20101152630205_ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
SKRIPSI_DIVA MUKTI WIBAWA_20101152630205_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_DIVA MUKTI WIBAWA_20101152630205_BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
SKRIPSI_DIVA MUKTI WIBAWA_20101152630205_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)

Abstract

Sekolah merupakan institusi pendidikan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan potensi siwa. Siswa yang berhasil dalam bidang akademik dan non akademik merupakan sebutan sebagai siswa berprestasi. Pendataan siswa berprestasi selaras dengan kebutuhan lembaga sekolah dalam membuat aplikasi sistem pengolahan data menentukan siswa berprestasi dengan cepat, tepat, akurat. MTSN 12 Tanah Datar dalam menentukan siswa penerima beasiswa berprestasi masih dilakukan dengan secara manual, dan itu juga memakan waktu yang cukup lama, didalam menentukan siswa penerima beasiswa berprestasi pada MTSN 12 Tanah Datar sangat dibutuhkan untuk evaluasi serta untuk keperluan bagi peningkatan manajemen sekolah. Maka dari itu peneliti ingin menentukan siswa penerima beasiswa berprestasi dengan menggunakan SPK dengan metode Weighted Sum Model (WSM). Dengan menggunakan metode tersebut dapat mempermudah dalam menentukan siswa penerima beasiswa berprestasi pada MTSN 12 Tanah Datar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Weighted Sum Model (WSM) karena mampu melakukan penyeleksian secara alternatif terbaik dari sejumlah alternatif-alternatif yang ada. Kemampuan dari metode Weight Sum Model ini dapat melakukan penilaian secara tepat dan cepat karena pada dasarnya sudah didasari dari nilai setiap kriteria-kriteria dan pembobotan prefensi yang sudah ditetapkan, selanjutnya dilakukan proses perangkingan yang dapat menyeleksi alternatif terbaik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:48
Last Modified: 06 Aug 2024 07:48
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11533

Actions (login required)

View Item View Item