SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMBERIAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN PASAMAN DINAS SOSIAL PEMERINTAH KABUPATEN PASAMAN

Hadi, Ilham Sofyan (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMBERIAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN PASAMAN DINAS SOSIAL PEMERINTAH KABUPATEN PASAMAN. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ILHAM SOFYAN HADI_20101152630212_BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
SKRIPSI_ILHAM SOFYAN HADI_20101152630212_ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
SKRIPSI_ILHAM SOFYAN HADI_20101152630212_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
SKRIPSI_ILHAM SOFYAN HADI_20101152630212_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan kriteria-kriteria yang relevan dan penting yang akan digunakan dalam penilaian untuk menentukan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kabupaten Pasaman serta merancang dan mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan berbasis web menggunakan metode TOPSIS. Dengan menggunakan Metode TOPSIS dalam mengolah data dan menghasilkan ranking penerima BLT berdasarkan kriteria dan bobot yang telah ditentukan. Implementasi metode ini harus menghasilkan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil Dinas sosial kabupaten pasaman melakukan proses distribusi bantuan langsung tunai (BLT) pada target yang tepat, Menciptakan suatu sistem yang mampu membantu proses dinas sosial kabupaten pasaman dalam mendistribusikan bantuan langsung tunai (BLT) hal ini dapat mempermudah dinas sosial kabupaten pasaman dalam mendistribusikan bantuan langsung tunai (BLT) ke masyarakat dan pada aplikasi yang dibangun ini menggunakan kriteria jumlah tanggungan, jumlah anggota keluarga usia produktif, anggota keluarga yang sakit, luas rumah, dan luas tanah. Dalam kriteria yang diperoleh tersebut akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk menentukan keputusan yang baik dalam mendistribusikan penerimaan bantuan langsung tunai (BLT) secara tepat. Pada website yang dirancang saat ini baru sampai tahap perangkingan, pada output akhir didapat perangkingan pertama dengan nama Armasyah dengan nilai 0'894152.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:45
Last Modified: 06 Aug 2024 07:45
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11532

Actions (login required)

View Item View Item