SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN GURU TERBAIK UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMA NEGERI 8 KERINCI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB

Rizky, Sri (2024) SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN GURU TERBAIK UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMA NEGERI 8 KERINCI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img] Text
SKRIPSI_SRI RIZKY_20101152630236_ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
SKRIPSI_SRI RIZKY_20101152630236_BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
SKRIPSI_SRI RIZKY_20101152630236_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
SKRIPSI_SRI RIZKY_20101152630236_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sebelumnya proses pencarian guru terbaik masih dilakukan secara manual dengan cara penilaian ini ditentukan langsung oleh kepala sekolah sehingga hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan kinerja yang telah dilakukan oleh guru dan sering mengalami kesalahan dalam proses penilaian. Maka Solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membangun sebuah sistem yang dapat secara otomatis melakukan proses penilaian dan memberikan hasil dari penilaian tersebut. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan oleh pihak sekolah SMA Negeri 8 Kerinci untuk mengoptimalisasi manajemen dalam pengambilan keputusan pemilihan guru terbaik di SMA Negeri 8 Kerinci, menentukan faktor yang paling mempengaruhi bagi proses optimalisasi sistem dan manajemen guru dan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode TOPSIS. Metode TOPSIS dipilih untuk membangun Aplikasi SPK, karena metode ini merupakan metode multikriteria Dimana pada metode ini yang akan dipilih adalah alternatif yang mempunyai jarak terdekat dari Solusi ideal positif dan metode ini dapat diterapkan pada permasalahan dengan banyak kriteria dan alternatif. Untuk mendukung penelitian ini digunakan pengumpulan data dengan cara pengamatan, wawancara, penelitian Pustaka dan penelitian laboratorium. Sehingga hasil dari penelitian ini yaitu terbangun nya sebuah aplikasi pemilihan guru terbaik dengan menggunakan metode topsis sehingga dapat meningkatkan optimalisasi manajemen sekolah dengan kriteria efektifitas, kompetensi, komitmen, disiplin dan kerja sama dengan sub – sub kriteria yang ditentukan oleh pihak sekolah mendapatkan hasil yaitu guru terbaik pada SMA Negeri 8 Kerinci adalah bapak Ermanto, S.E dengan total nilai 0,743.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:20
Last Modified: 06 Aug 2024 07:20
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item View Item