SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BEASISWA PENDIDIKAN BAZNAS PADA UPTD SMP NEGERI 1 KECAMATAN MUNGKA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN WEIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESMENT

Triyandika, Refil (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BEASISWA PENDIDIKAN BAZNAS PADA UPTD SMP NEGERI 1 KECAMATAN MUNGKA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN WEIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESMENT. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_REFIL TRIYANDIKA_20101152630285_ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
SKRIPSI_REFIL TRIYANDIKA_20101152630285_BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
SKRIPSI_REFIL TRIYANDIKA_20101152630285_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
SKRIPSI_REFIL TRIYANDIKA_20101152630285_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Beasiswa pendidikan BAZNAS merupakan beasiswa yang diberikan kepada siswa-siswi di sekolah untuk memberikan motivasi lebih dalam belajar. Namun, pemberian beasiswa sering kali tidak tepat sasaran dan terbatasnya ketersediaan dana beasiswa membuat banyak siswa berprestasi yang tidak bisa mendapatkannya sehingga siswa yang kurang mampu akan kehilangan semangat untuk terus belajar. Sistem yang dibangun ini dapat memberikan rekomendasi calon penerima beasiswa pendidikan BAZNAS pada UPTD SMP N 1 Kecamatan Mungka. Dalam menentukan rekomendasi calon penerima beasiswa pendidikan BAZNAS, penelitian ini menggunakan konsep Sistem Pendukung Keputusan dengan kombinasi metode Analysis Hierarchy Process (AHP) dan Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) dengan menggunakan 4 kriteria yaitu penghasilan ayah, penghasilan ibu, jumlah bersaudara, dan nilai rata-rata. Metode AHP digunakan untuk menentukan untuk menentukan bobot kriteria, kemudian dilanjutkan dengan melakukan perangkingan dengan proses metode WASPAS. Terdapat 40 data siswa yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan rekomendasi 6 orang calon penerima beasiswa pendidikan BAZNAS untuk UPTD SMP N 1 Kecamatan Mungka dengan menggunakan metode AHP dan WASPAS. Selain itu, penelitian ini juga menciptakan model atau sistem semi-terstruktur untuk menentukan calon penerima beasiswa dengan memanfaatkan sistem pendukung keputusan berbasis AHP dan WASPAS. Sehingga manfaat yang akan didapat adalah memberikan kemudahan kepada pihak UPTD SMP N 1 Kecamatan Mungka dalam menentukan calon penerima beasiswa pendidikan BAZNAS secara cepat, akurat, dan tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:10
Last Modified: 06 Aug 2024 07:10
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11526

Actions (login required)

View Item View Item