PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KOPERASI UNIT DESA (KUD) RABI JONGGOR KECAMATAN GUNUNG TULEH MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL

ARIANDA, ARIANDA (2023) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KOPERASI UNIT DESA (KUD) RABI JONGGOR KECAMATAN GUNUNG TULEH MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG.

[img] Text
SKRIPSI_19101152610006 ARIANDA_ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610006 ARIANDA_BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610006 ARIANDA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610006 ARIANDA_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Koperasi Koperasi Unit Desa Rabi Jonggor yang bergerak dalam usaha pembentukan modal melalui tabungan-tabungan para anggotanya. Manfaat dibentuknya koperasi simpan pinjam ini untuk membantu para anggotanya berdasarkan atas asas kekeluargaan. Pada koperasi Koperasi Unit Desa Rabi Jonggor memiliki jumlah anggota 348 orang. Dengan jumlah anggota yang ada, pengurus koperasi masih melakukan transaksi simpan pinjam menggunakan sistem manual seperti dengan menggunakan aplikasi MS. Excel. Hal tersebut dapat dilihat dari pelayanan pengolahan data transaksi simpanan, pinjaman, angsuran, dan serta penyusunan laporan. Karena mengingat banyaknya data yang diolah, kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan mengakibatkan kesalahan penyusunan laporan. Penulis mengajukan sistem pemecahan masalah berupa pembangunan komputerisasi sistem penyimpanan arsip simpanan dan pinjaman anggota serta pendataan pembayaran yang tersimpan dalam database. Merubah sistem input data peminjaman dan pembayaran yang masih manual menjadi terkomputerisasi menggunakan program aplikasi berbasis PHP dengan database MySQL. Dengan adanya pengembangan sistem informasi simpan pinjam koperasi ini dapat membantu dalam proses pengelolaan pinjaman karyawan pada koperasi baik data anggota, iuran anggota serta data angsuran pembayaran karyawan. Sistem ini dapat membantu menyajikan laporan dengan cepat dan mudah terutama rekap laporan data sisa angsuran dan pembayaran anggota dan masalah-masalah yang berhubungan dengan informasi data pinjaman dan pengembalian pinjaman anggota dan iuran bisa lebih informatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:19
Last Modified: 02 Aug 2024 08:19
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11519

Actions (login required)

View Item View Item