PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DAN HABITATNYA DALAM 3 BAHASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI TK PERTIWI SARIAK LAWEH BERBASIS ANDROID

Hendri, Oktavi (2023) PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DAN HABITATNYA DALAM 3 BAHASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI TK PERTIWI SARIAK LAWEH BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img] Text
TA_OKTAVI HENDRI_20101152600018_BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
TA_OKTAVI HENDRI_20101152600018_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
TA_OKTAVI HENDRI_20101152600018_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
TA_OKTAVI HENDRI_20101152600018_ABSTRAK.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penggunaan teknologi, khususnya ponsel pintar, komputer, dan lainnya berkembang pesat dalam kehidupan sehari-hari. Ada berbagai alasan mengapa orang tertarik menggunakan perangkat ini, termasuk sifatnya yang ringan dan praktis. Selain itu, adanya fitur permainan yang tersedia tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan logika. Kemajuan teknologi mendorong perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, perkembangan teknologi dibagian edukasi bisa dilihat dalam penggunaan perlengkapan media pembelajaran yang ditandai terbentuknya konsep game edukasi yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah diakses, terutama bagi anak-anak selama masa perkembangan penting mereka. Penulis telah mengembangkan game edukasi khusus untuk sistem operasi Android, dengan tujuan melibatkan anak-anak dan memperluas pengetahuan mereka dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Permainan edukatif ini berfokus untuk mengajarkan anak-anak tentang hewan dan habitatnya. Proses penelitian dan pengembangan aplikasi ini mengikuti metode Waterfall, yang meliputi lima tahap: Persyaratan, Perancangan, Implementasi, Pengujian, dan Pemeliharaan. Dengan memanfaatkan hasil permainan edukatif ini, didapatkan hasil game ini bisa memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif, dengan terlibatnya anak dalam sebuah permainan, motivasi mereka meningkat, mengarah pada partisipasi yang lebih baik dan kemampuan untuk membentuk koneksi yang baik dan kenangan belajar yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Manajemen Informatika (D3)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:06
Last Modified: 31 Jul 2024 07:06
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11460

Actions (login required)

View Item View Item