SISTEM PAKAR DITEKSI KERUSAKAN PADA PRINTER DENGAN METODE CBR ( CASE BASED REASONING )MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MySQL

Ekowiyono, Dyan (2021) SISTEM PAKAR DITEKSI KERUSAKAN PADA PRINTER DENGAN METODE CBR ( CASE BASED REASONING )MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MySQL. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_DYAN EKO WIYONO_17101152610112_ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
SKRIPSI_DYAN EKO WIYONO_17101152610112_BAB 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
SKRIPSI_DYAN EKO WIYONO_17101152610112_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
SKRIPSI_DYAN EKO WIYONO_17101152610112_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sistem pakar deteksi kerusakan pada printer dengan metode CBR(Case Based Reasoning ) berbasis desktop dapat digunakan oleh masyarakat umumuntuk dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah atau kerusakan yangterdapat pada printer. Sistem pakar dirancang dengan kinerja para ahli dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan bantuan sistem pakar ini dapat menyelesakain permasalahan yang seharusnya hanya bisa diselesaikan oleh para ahli. Deteksi kerusakan printer berguna untuk mengetahui jenis kerusakan yang ada pada printer. Metode CBR(Case Based Reasoning) merupakan metode penyelesaian masalah dengan memanfaatkan pengalaman sebelumnya. CBR(Case Based Reasoning) merupakan salah satu metode pemecahan masalah yang dalam mencari solusi dari suatu kasus yang baru terhadap solusi kasus lama yang memiliki permasalahan yang sama. Untuk mendiagnosa kerusakan pada printer menggunakan metode CBR(Case Based Reasoning). User akan diberikanpertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan nilai kemiripan dengan rumus CBR(Case Based Reasoning), Sehingga didapatkan hasil diagnosa serta presentase nilai kemiripan dan kemungkinannya. Deteksi kerusakan printer bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui kerusakan yang ada pada printer sehingga dapat memperbaikinya secara mandiri. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi ke Toko Sinar Mulia Service Center dan wawancara dengan teknisi bengkel. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis, perancangan sistem, implementsi dan pengujian. Rancangan tersebut telah diimplementasikan dengan Bahasa pemprograman Java dan database MySQL. Penelitian ini dapat menghasilkan Sistem pakar deteksi kerusakan pada printer dengan metode CBR (Case Based Reasoning ) yang menujukan sistem dapat berkerja dengan baik. Sehingga dapat membantu masyarakat untuk memperbaiki printernya secara mandiri. Kata Kunci : Sistem Pakar, Printer, Website, Case Based Reasoning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:22
Last Modified: 02 Aug 2024 02:15
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11423

Actions (login required)

View Item View Item