SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT BIPOLAR PADA KLINIK PSIKOLOGI MAHESA DI KEBUPATEN PESISIR SELATAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL

Khairi, Zaki Ahmad (2020) SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT BIPOLAR PADA KLINIK PSIKOLOGI MAHESA DI KEBUPATEN PESISIR SELATAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_ZAKI AHMAD KHAIRI_16101152610544_ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_ZAKI AHMAD KHAIRI_16101152610544_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_ZAKI AHMAD KHAIRI_16101152610544_BAB 1.pdf

Download (430kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_ZAKI AHMAD KHAIRI_16101152610544_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bipolar adalah jenis penyakit psikologi, ditandai dengan perubahan mood (alam perasaan) yang sangat ekstrim, yaitu berupa depresi dan mania. Pengambilan istilah bipolar disorder mengacu pada suasana hati penderitanya yang dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang ekstrim. Setiap orang pada umumnya pernah mengalami suasana hati yang baik (mood high) dan suasana hati yang buruk (mood low). Akan tetapi , seseorang yang menderita bipolar disorder memiliki mood swings yang ekstrim yaitu pola perasaan yang mudah berubah secara drastis. Salah satu usaha untuk menaggulangi masalah di atas yaitu dengan menciptakan suatu sistem aplikasi barbasis ilmu pengetahuan yang dikenal dengan istilah kecerdasan buatan yang merupakan bagian dari ilmu komputer yang ditujukan pada pembuatan software atau aplikasi yang seolah-olah berfungsi sebagai sesuatu yang dapat berfikir seperti manusia. Dengan memahami mekanisme penalaran seperti manusia diharapkan komputer benar-benar marupakan suatu alat bantu dalam pemecahan masalah dengan menggunakan penalaran. Aplikasi kecerdasan buatan yang dibuat adalah sistem pakar (expert system), yaitu suatu program aplikasi yang dapat menirukan kepakaran dari seorang pakar. Sehingga seorang pisikiater tinggal memasukan data yang berkaitan dengan penyakit bipolar dari gejala-gejala sampai dengan pengobatannya. Kata Kunci: Sistem Pakar, Bipolar, Certainty Factor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:44
Last Modified: 15 Jul 2024 08:44
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item