SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN MESIN SEPEDA MOTOR MATIC DENGAN METODE FORWARD CHAINING PADA BENGKEL B2T MOTOR MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL

Hidayat, Zuyyandri (2020) SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN MESIN SEPEDA MOTOR MATIC DENGAN METODE FORWARD CHAINING PADA BENGKEL B2T MOTOR MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_ZUYYANDRI HIDAYAT_16101152610397_ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_ZUYYANDRI HIDAYAT_16101152610397_BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_ZUYYANDRI HIDAYAT_16101152610397_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_ZUYYANDRI HIDAYAT_16101152610397_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pada saat sekarang ini kendaraan sangatlah penting terutama sepeda motor karena lebih efektif dan cepat, hampir dari seluruh masyarakat Indonesia perlu kendaraan. Namun tidak semuanya yang dapat menggunakan kendaraan sepeda motor dengan nyaman karena ada beberapa masalah terutama pada mesin. Banyak dari masyarakat yang mengeluh pergi ke bengkel karna jauh dan membutuhkan waktu yang lama. Maka diperlukan suatu inovasi baru untuk sistem pakar pada bengkel sehingga dapat membantu dalam proses diagnosa nantinya. Untuk membuat laporan yang baik, terhadap data-data tadi dibutuhkan sistem yang dapat mengolah data dengan baik dan dapat memproses secara langsung sehingga memudahkan pekerjaan mekanik dan teknisi dalam pembuatan laporan, yang akan dibeikan kepada pemilik sebagai bentuk pertanggung jawaban terhadap pemasukkan dan pengeluaran pada bengkel. Pada penelitian kali ini akan dilakukan pengolahan data member, data gejala, kerusakan, solusi, dan data lainnya yang diperoleh dari wawancara dengan pihak bengkel B2T Motor Lubuk Begalung Padang. Selanjutnya data diolah dengan metode Forward Chaining menghasilkan data proses dan data laporan. Dari metode Forward Chaining akan diolah data tadi sehingga akan dapat membuat data-data untuk hasil konsultasi yang akan memudahkan baik pihak bengkel dan teknisi yang ada. Maka metode ini dapat diimplementasikan untuk menentukan dan membantu proses diagnosa kerusakan sehingga memudahkan pembuatan laporan. Kata Kunci: Sistem Pakar, forward chaining , Sepeda Motor Matic, Web.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:47
Last Modified: 15 Jul 2024 04:47
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11189

Actions (login required)

View Item View Item