ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENGKAKAN BIAYA KONSTRUSI (COST OVERRUN) PADA PROYEK RUMAH SUSUN ASN UNIVERSITAS ANDALAS

PERMADI, BAGAS DWI (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENGKAKAN BIAYA KONSTRUSI (COST OVERRUN) PADA PROYEK RUMAH SUSUN ASN UNIVERSITAS ANDALAS. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_BAGAS DWI PERMADI_19101154330010_ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAGAS DWI PERMADI_19101154330010_BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAGAS DWI PERMADI_19101154330010_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAGAS DWI PERMADI_19101154330010_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proyek konstruksi di Indonesia berkembang sangatlah pesat sejalan dengan pertumbuhan manusia yang ada. Proyek konstruksi gedung kerap memiliki beberapa masalah yang kerap terjadi pada saat pelaksanaan proyek konstruksi. Salah satu masalah tersebut yaitu terjadinya pembengkakan biaya atau cost overrun yang menyebabkan kerugian beberapa pihak dalam pelaksaan konstruksi tersebut. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pembengkakan biaya adalah mengidentifikasi faktor- faktor penyebab dan memahami upaya preventif yang dapat dilakukan jika terjadi pembengkakan biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor dominan penyebab terjadinya pembengkakan biaya dan mengetahui upaya preventif untuk mencegah pembengkakan biaya tersebut. Metodologi penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi faktor-faktor pembengkakan biaya berdasarkan literatur yang telah dikumpulkan, dan didapatkan sejumlah 53 faktor yang terbagi atas sepuluh kelompok. Metode yang digunakan merupakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuisioner berjumlah 28 responden. Proses analisa guna mendapatkan faktor dominan menggunakan metode RII (Relative Important Index). Faktor dominan penyebab terjadinya pembengkakan biaya diantaranya estimasi biaya, pelaksanaan dan hubungan kerja, aspek dokumen proyek, material, tenaga kerja, dan aspek keuangan proyek. Dihasilkan beberapa upaya preventif untuk menghindari pembengkakan biaya terjadi seperti pemilihan tenaga kerja yang kompeten dan berpengalaman, monitoring setiap pelaksanaan proyek, dan pengendalian biaya dan jadwal proyek agar sesuai dengan rencana awal proyek konstruksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Teknik > Konstruksi
0 Research > Teknik
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:57
Last Modified: 04 Jul 2024 06:59
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item