PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI SHOPEE

Fajri, Firly (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI SHOPEE. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_FIRLY FAJRI_17101155310585_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_FIRLY FAJRI_17101155310585_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_FIRLY FAJRI_17101155310585_BAB 1.pdf

Download (480kB)
[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_FIRLY FAJRI_17101155310585_ABSTRAK.pdf

Download (412kB)

Abstract

Teknologi komunikasi, media dan informasi telah membawa pengaruh cara dan pola transaksi bisnis di industri perdagangan. Salah satu kemajuan teknologi yang banyak digunakan oleh orang, organisasi, maupun perusahaan adalah internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian. 2) pengaruh keamanan terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian, 4) pengaruh kepercayaan, keamanan dan electronic word of mouth secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian online. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif berbentuk kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan “Simple Random Sampling” yaitu memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel secara acak sederhana. Sumber data diperoleh dari konsumen yang pernah melakukan pembelian online di shopee. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket yang langsung diberikan kepada responden. Pemberian skor menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian ditemukan bahwa Pertama tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian. Diperoleh nilai thitung < ttabel (-0,490 < ttabel 1,98498), dan dari nilai signifikansi pun diketahui bahwa Sig. > α (0,626 > 0,05). Kedua terdapat pengaruh keamanan terhadap keputusan pembelian. Diperoleh nilai thitung > ttabel (4,947 > ttabel 1,98498), dan dari nilai signifikansi pun diketahui bahwa Sig. < α (0,000 < 0,05). Ketiga tidak terdapat pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan Pembelian. Diperoleh nilai thitung < ttabel (1,850 < ttabel 1,98498), dan dari nilai signifikansi pun diketahui bahwa Sig. > α (0,067 0,05). Keempat secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan kepercayaan, keamanan dan electronict word of mouth terhadap keputusan [embelian. Diketahui nilai Fhitung 10,268 > ftabel 2,70 dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci : kepercayaan, keamanan dan electronict word of mouth terhadap keputusan pembelian online

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:24
Last Modified: 26 Jun 2024 02:24
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10702

Actions (login required)

View Item View Item