PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN MANGGIS MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA C4.5 DAN METODE CERTAINTY FACTOR

IKHSAN, MUHAMMAD (2023) PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN MANGGIS MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA C4.5 DAN METODE CERTAINTY FACTOR. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD IKHSAN_19101152630175_Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD IKHSAN_19101152630175_Bab 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD IKHSAN_19101152630175_Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD IKHSAN_19101152630175_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sistem pakar merupakan salah satu bidang penerapan Artificial Intelligence yang dapat membantu memecahkan masalah dengan memodelkan pengetahuan ahli atau pakar ke dalam sebuah sistem basis data pengetahuan. Sistem pakar telah banyak diimplementasikan ke dalam berbagai bidang, termasuk pertanian. Tanaman manggis merupakan salah satu tanaman buah yang banyak diminati oleh masyarakat. Namun dibalik banyaknya minat, dan tingginya nilai ekonomis tanaman manggis, para petani masih belum mampu memenuhi kebutuhan kuantitas dan kualitas dari permintaan yang ada. Salah satu penyebabnya yaitu ketidak mampuan petani dalam melakukan pendiagnosaan mandiri terhadap penyakit tanaman manggis. Selain itu kurangnya jumlah pakar untuk melakukan diagnosa penyakit pada tanaman manggis juga menjadi faktor penyebab terjadinya permasalahan tersebut. Sedangkan kebanyakan tanaman manggis di indonesia dikelola secara pribadi dan tersebar pada kebun-kebun kecil serta terletak di lokasi yang lumayan terpencil. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem pakar pendiagnosaan penyakit pada tanaman manggis, yang dapat membantu petani dalam melakukan diagnosa pada tanaman manggis secara mandiri. Penelitian ini akan menerapkan algoritma C4.5 dan metode certainty factor dalam membangun sebuah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman manggis. Algoritma dan metode ini akan diimplementasikan dengan membangun sebuah sistem berbasiskan web. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem mampu melakukan pengklasifikasian terhadap 55 data riwayat, dengan 31 atribut gejala dan 5 kelas penyakit tanaman manggis. Sistem juga mampu mengukur tingkat kepastian terhadap setiap penyakit menggunakan metode certainty factor dengan mempertimbangkan tingkat kepercayaan dan kepastian dari gejala dan 12 rules yang dihasilkan oleh algoritma C4.5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:38
Last Modified: 24 Jun 2024 08:38
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item