OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MENGIDENTIFIKASI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PADA BANA SWALAYAN UJUNG GADING PASAMAN BARAT

ADRYANDI, KUSUMA (2023) OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MENGIDENTIFIKASI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PADA BANA SWALAYAN UJUNG GADING PASAMAN BARAT. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_KUSUMA ADRYANDI_19101152630169_ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
SKRIPSI_KUSUMA ADRYANDI_19101152630169_BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
SKRIPSI_KUSUMA ADRYANDI_19101152630169_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
SKRIPSI_KUSUMA ADRYANDI_19101152630169_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang diperlukan badan usaha untuk mengoptimalkan keuntungan dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Customer Relationship Management(CRM) digunakan sebagai strategi bisnis untuk menyenangkan pelanggan dengan cara mengumpulkan informasi pelanggan sehingga menciptakan kesetiaan dan saling menguntungkan Salah satu pendekatan yang dapat digunakan pada customer relationship management(CRM) yaitu metode K-Means, dimana metode ini merupakan salah satu metode pengelompokan data nonhierarki (sekatan) yang berusaha mempartisi data ke dalam bentuk dua atau lebih kelompok (cluster) yang berkarakteristik sama dimasukkan ke dalam satu kelompok yang sama.Bana Swalayan merupakan tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari- hari .Karena banyaknya pesaing bisnis mengakibatkan terjadinya penurunan jumlah customer . Dengan adanya Customer Relationship Management berbasis web maka dapat mempermudah dan membantu dalam mengatur strategi pemasaran yang baik sehingga bisa meningkatkan pendapatan penjualannya, dan dengan memberikan pelayanan yang terbaik akan mendorong loyalitas pelanggan dan mempermudah dalam mengidentifikasi tingkat kepuaan pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam pengembangan strategi bisnis, pelanggan juga merupakan salah satu sumber keuntungan dalam perusahaan. Untuk itu diperlukan suatu pemahaman yang baik tentang pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:32
Last Modified: 24 Jun 2024 08:32
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10655

Actions (login required)

View Item View Item