OPTIMALISASI IT BUSSINES MANAGAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN STRATEGI PENJUALAN DAN PEMASARAN PADA TOKO GENESIS PHONE CELL MENGGUNAKAN METODE MFEP (Metode Multifactor Evaluation Process)

MILENDIA, FIXYA TRI (2023) OPTIMALISASI IT BUSSINES MANAGAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN STRATEGI PENJUALAN DAN PEMASARAN PADA TOKO GENESIS PHONE CELL MENGGUNAKAN METODE MFEP (Metode Multifactor Evaluation Process). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_FIXYA TRI MILENDIA_19101152630165_ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
SKRIPSI_FIXYA TRI MILENDIA_19101152630165_BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
SKRIPSI_FIXYA TRI MILENDIA_19101152630165_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
SKRIPSI_FIXYA TRI MILENDIA_19101152630165_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sistem pendukung keputusan (SPK) memberikan rekomendasi kepada para pemangku kepentingan dalam membuat keputusan. Pemasaran dalam berwirausaha menjalankan salah satu fungsi utama manajemen yaitu Planning. Planning ditempuh untuk memenangkan persaingan di dalam penjualan handphone. Peningkatan jumlah barang baru dapat diperoleh dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran sebagai alternatif. Namun strategi pemasaran yang direncanakan tidak semuanya dapat dilaksanakan pada satu periode tertentu, untuk itu diperlukan pendekatan SPK yang didukung oleh beberapa kriteria, sub-kriteria, sehingga diharapkan dapat menghindarkan para pemangku kepentingan dalam menentukan strategi pemasaran yang subyektif. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan perlu menentukan bobot pada masing-masing kriteria, umumnya terdapat beberapa cara untuk menentukan bobot kriteria. Analisis sistem penunjang keputusan sebagai salah satu pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan bobot derajat kepentingan pada kriteria terhadap alternatif. Dengan menggunakan analisis strategi penjualan dapat memberi gambaran yang jelas akan strategi pemasaran produk, setelah menentukan nilai bobot dari gambaran kemudian nilai bobot yang diperolehnya dihitung dengan MFEP. Metode MFEP sebagai metode MCDM yang merupakan konsep konstruksi jaringan, menyediakan ketergantungan antara komponen SPK, dari kriteria terhadap sub- kriteria, ketergantungan dari kriteria terhadap alternatif dan sebaliknya. Dimulai dengan penentuan tujuan, kriteria, sub-kriteria, alternatif, bobot kepentingan masing-masing komponen, bobot kriteria dituliskan dalam matriks perbandingan berpasangan, sehingga menghasilkan supermatrix. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan sistem penunjang keputusan dapat meningkatkan obyektifitas proses penentuan bobot kriteria dalam keputusan yang ditunjukkan melalui peningkatan strategi pemasaran pada Toko Genesis Ponsel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:16
Last Modified: 24 Jun 2024 08:16
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10652

Actions (login required)

View Item View Item