FAZRI, AHMAD HARYA (2023) PEMANFAATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN DALAM MEMBERIKAN DISKON PEMBELIAN PRODUK PADA UD. KELUARGA TANI JAYA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
SKRIPSI_AHMAD HARYA FAZRI_19101152630155_ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text
SKRIPSI_AHMAD HARYA FAZRI_19101152630155_BAB I.pdf Download (136kB) |
|
Text
SKRIPSI_AHMAD HARYA FAZRI_19101152630155_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text
SKRIPSI_AHMAD HARYA FAZRI_19101152630155_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Data konsumen transaksi bisnis pada ritel produk pertanian belum dikelola secara digital. Hal ini dapat dilihat dari data konsumen yang masih disimpan secara manual, beberapa data nasabah disimpan hanya berdasarkan struk pembelian dan yang lainnya ada buku catatannya sehingga data konsumen sewaktu-waktu dapat hilang. Untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dilakukan analisa penjualan dengan menggunakan Algoritma K-Means tujuannya adalah untuk dapat mengelompokan konsumen berdasarkan jumlah transaksi, jumlah produk yang dibeli, dan frekuensi transaksi yang dilakukan. Data yang diolah sebanyak 127 data transaksi dan dikelompokan berdasarkan nama dari konsumen didapat 116 konsumen yang melakukan transaksi selama 1 bulan terakhir. dari data tersebut ditentukan 5 cluster diantaranya yaitu : Superstar, Golden, Typical, Occasional, Everyday. Dari ke-5 cluster tersebut didapatkan 4 konsumen termasuk ke Superstar, 12 konsumen Golden, 34 konsumen Typical, 29 konsumen Occasional dan 37 konsumen Everiday.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma 0 Research > Ilmu Komputer |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 08:04 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 06:46 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10650 |
Actions (login required)
View Item |