DATA MINING MENGGUNAKAN METODE HYBRID ALGORITMA APRIORI DAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK IDENTIFIKASI POLA PENJUALAN DAN CLUSTERING BAHAN BANGUNAN PADA TOKO UD ANEKA SUMBER BANGUNAN

AULIYAH, RIZKI (2023) DATA MINING MENGGUNAKAN METODE HYBRID ALGORITMA APRIORI DAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK IDENTIFIKASI POLA PENJUALAN DAN CLUSTERING BAHAN BANGUNAN PADA TOKO UD ANEKA SUMBER BANGUNAN. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKI AULIYAH_18101152630263_ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZKI AULIYAH_18101152630263_BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZKI AULIYAH_18101152630263_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZKI AULIYAH_18101152630263_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Data mining adalah proses ekstraksi informasi dari data besar yang tidak terstruktur dengan menggunakan teknik statistik dan machine learning. Dalam bidang penjualan barang, data mining dapat digunakan untuk menemukan pola dan tren penjualan yang membantu dalam pengambilan keputusan bisnis. Algoritma Apriori adalah salah satu algoritma data mining yang digunakan untuk menemukan asosiasi atau pola antar item dalam transaksi penjualan. Algoritma ini bekerja dengan menghitung frekuensi setiap item yang muncul bersama-sama dalam transaksi dan menggunakan aturan untuk menentukan apakah suatu pola merupakan asosiasi yang signifikan. Algoritma K-Means adalah algoritma clustering yang digunakan untuk membagi data menjadi beberapa kelompok yang berdekatan berdasarkan kemiripan data. Dalam konteks penjualan bahan bangunan, algoritma ini dapat digunakan untuk mengelompokkan produk berdasarkan karakteristik mereka, hal ini membantu dalam pengelolaan dan pengadaan stok barang, manajemen data, pengelolaan produk dan strategi pemasaran. Dengan menggabungkan algoritma Apriori dan K-Means, kita dapat menemukan pola penjualan barang dan mengelompokkan produk bahan bangunan secara efektif untuk membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang informatif dan tepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:57
Last Modified: 24 Jun 2024 06:57
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10628

Actions (login required)

View Item View Item