SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT INFLAMMATORY BOWEL DISEASE MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE TEOREMA BAYES DAN EULIDEAN PROBABILITY (Peminatan : Artificial Intelligence)

AWALUDIN, AWALUDIN (2022) SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT INFLAMMATORY BOWEL DISEASE MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE TEOREMA BAYES DAN EULIDEAN PROBABILITY (Peminatan : Artificial Intelligence). Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_18101152630088 AWALUDIN_ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630088 AWALUDIN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630088 AWALUDIN_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630088 AWALUDIN_BAB I.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease (IBD) adalah Salah satu penyakit autoimun yang cukup sering menjadi perbincangan. IBD pada dasarnya merupakan penyakit autoimun yang berawal atau 'bersarang' di saluran pencernaan. IBD terdiri dari dua jenis yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Penderita IBD memiliki sistem imun yang menyerang tubuhnya sendiri dan terjadi di saluran pencernaan. Sama seperti penyakit autoimun lainnya, penyebab utama radang usus belum diketahui secara pasti. Baik Crohn maupun kolitis ulseratif memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Kolitis ulseratif adalah peradangan kronis pada usus besar, sedangkan penyakit Crohn dapat terjadi pada seluruh sistem pencernaan. Gejala yang ditimbulkan oleh kedua penyakit ini pun hampir sama, seperti diare, BAB berdarah, hingga berat badan menurun.Masalah yang terjadi dalam penanganan kasus IBD ialah bagaimana sistem pakar dapat mendiagnosa penyakit pada user berdasarkan gejala yang pernah dialami oleh pasien dari pakar penyakit IBD lalu dijadikan sebuah aplikasi website yang dapat mendiagnosa penyakit IBD pada user, oleh karna itu dalam penelitian ini menggunakan metode Teorema Bayes dan Eulidean Probability untuk memberikan informasi serta penanganan awal terhadap penyakit radang usus yang telah didiagnosa oleh user berdasarkan gejala-gejala dan jenis penyakit dari IBD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Artificial Intelligence
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:43
Last Modified: 07 Jun 2024 07:43
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item View Item