Perdana, Rezky Mulya (2023) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. POS INDONESIA BATUSANGKAR KABUPATEN TANAH DATAR. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
SKRIPSI_REZKY MULYA PERDANA_18101157510272_ABSTRAJ.pdf Download (164kB) |
|
Text
SKRIPSI_REZKY MULYA PERDANA_18101157510272_BAB I.pdf Download (160kB) |
|
Text
SKRIPSI_REZKY MULYA PERDANA_18101157510272_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
Text
SKRIPSI_REZKY MULYA PERDANA_18101157510272_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada PT. Pos Indonesia Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, sedangkan variabel terikat adalah kepuasan konsumen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling accidental yang merupakan proses pengambilan responden untuk dijadikan sampel berdasarkan sampel yang kebetulan ditemui dengan peneliti, kemudian responden yang dirasa cocok dijadikan sebagai sumber data (Sugiyono, 2014). Populasi dalam peneliti ini ialah seluruh konsumen PT. Pos Indoensia Batusangkar Kabupaten tanah Datar yang datang untuk bertransaksi dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang konsumen. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil indeks daya beda aitem pada skala kepuasan konsumen bergerak dari rix = 0,326 sampai dengan rix = 0,722 dengan koefisien reliabilitas diperoleh sebesar α = 0,918 sedangkan pada skala kualitas pelayanan begerak dari rix = 0,315 sampai dengan rix = 0,632. dengan koefisien reliabilitas diperoleh sebesar α = 0,900. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson diperoleh nilai sebesar 0,525 dengan taraf signifikan p = 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkn bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kepuasan konsumen dengan kualitas pelayanan dengan arah positif, artinya semakin memadai kualitas pelayanan, maka semakin tinggi kepuasan konsumen. Adapun sumbangan efektif dari variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen adalah sebesar 27,5% dan sisanya 72,5% dipengaruhi faktor lain
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Psikologi 0 Research > Psikologi > Psikologi industri dan Organisasi |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Psikologi > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:24 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:46 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10364 |
Actions (login required)
View Item |