PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMKN 1 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Gunawan, Seprima (2023) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMKN 1 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_SEPRIMA GUNAWAN_18101156110017_ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
SKRIPSI_SEPRIMA GUNAWAN_18101156110017_BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
SKRIPSI_SEPRIMA GUNAWAN_18101156110017_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
SKRIPSI_SEPRIMA GUNAWAN_18101156110017_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya variasi media pembelajaran pada mata pelajaran Informatika yang ada di SMKN 1 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini terjadi karena kurangnya media pembelajaran yang menarik minat belajar bagi siswa. Oleh karena itu penulis berupaya merancang media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Semester Ganjil di SMKN 1 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (research & development). Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan (ADDIE model), dengan desain langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1)Analyze, (2)design, (3) development, (4) Implementation dan (5) Evaluate. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media Pembelajaran Android Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di SMKN 1 Padang sebesar 84,17%, dengan interprestasi valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Media Pembelajaran Android berbasis Augmented Reality (AR) Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di SMKN 1 Padang 88,67%, dengan interprestasi sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji Efektifitas secara keseluruhan penilaian Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di SMKN 1 Padang sebesar 87,73%, dengan interprestasi sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, bahwasanya media pembelajaran Android Berbasis Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Informatika Kelas X di SMKN 1 Padang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:52
Last Modified: 03 Jun 2024 07:52
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10321

Actions (login required)

View Item View Item