PERANCANGAN DAN PEMBUATAN E-LEARNING BERBASIS WEB DI SMK DHUAFA PADANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Azizi, Riza (2023) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN E-LEARNING BERBASIS WEB DI SMK DHUAFA PADANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_Riza Azizi_18101156110015_ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
SKRIPSI_Riza Azizi_18101156110015_BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
SKRIPSI_Riza Azizi_18101156110015_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
SKRIPSI_Riza Azizi_18101156110015_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan keterbatasan media belajar yang ada di SMK Dhuafa Padang. Hal ini terjadi karena belum adanya media pembelajaran berbasis web yang menarik dan efektif. Oleh karena itu penulis berupaya merancang dan membuat media pembelajaran E-learning Berbasis Web di SMK Dhuafa Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall, dengan desain dan langkah�langkah pengembangannya adalah sebagai berikut Tahap Penelitian dan Pengumpulan Informasi (studi literatur, studi lapangan, analisis pengguna), Perencanaan (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman), Pengembangan Produk (waterfal: analisis, desain, code), Pengujian dan Revisi Produk (validasi instrumen, validasi media), Revisi Produk Akhir (uji coba lapangan, praktikalitas, efektivitas), Diseminasi. Subjek penelitian berjumlah 75 orang siswa dan 10 guru. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap E�learning Berbasis Web di SMK Dhuafa Padang sebesar 88,53%, sehingga tingkat validitas dapat diinterpretasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap E-learning Berbasis Web di SMK Dhuafa Padang sebesar 94,49%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interpresentasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektivitas secara keseluruhan penilaian efektivitas E-learning Berbasis Web di SMK Dhuafa Padang sebesar 94,85%, sehingga tingkat efektivitasnya dapat diinterpretasikan sangat efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:44
Last Modified: 03 Jun 2024 07:44
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10320

Actions (login required)

View Item View Item