PENERAPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT BERBASIS WEB (STUDI KASUS : RSUD MENTAWAI)

KAMSYA, RIZKHA LAILA (2022) PENERAPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT BERBASIS WEB (STUDI KASUS : RSUD MENTAWAI). Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_18101152610759 RIZKHA LAILA KAMSYA_ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152610759 RIZKHA LAILA KAMSYA_BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152610759 RIZKHA LAILA KAMSYA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152610759 RIZKHA LAILA KAMSYA_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RSUD Mentawai merupakan rumah sakit umum yang berada di tuapejat kepulauan mentawai Provinsi Sumatera Barat. RSUD Mentawai melayani pasien rawat inap dan pasien rawat jalan. Saat ini RSUD mentawai sedang mengalami masalah persediaan obat karena pemesanan dan pengecekan obat masih dalam pendataan manual. Dalam proses pengadaan obat pada rumah sakit biasanya dilakukan berdasarkan data rata-rata pemakaian obat perbulan sehingga dapat terjadi kekurangan obat antara bagian gudang dengan bagian instalasi farmasi, dan tidak ada stok paling aman disebabkan oleh kesalahan dalam proses perhitungan yang baku. Kelebihan obat dapat melebihi kadaluarsa karena kelalaian petugas dalam memeriksa jangka waktu obat yang berlebihan. Proses pembuatan laporan kurang efisien karna membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan laporan. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah penerapan Supply Chain Management pada pengelolaan obat berbasis web dengan menerapkan fungsi fungsin pengendalian persediaan obat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FIFO (First In First Out) dan alat bantu yang digunakan dalam perancangan sistem persediaan adalah UML (Unified Modelling Language). Pembuatan program menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. Dengan diterapkannya sistem persediaan yang menerapkan SCM dapat membantu petugas RSUD Mentawai dalam pengontrolan obat dan dapat membantu mempermudah pembuatan laporan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:19
Last Modified: 23 Apr 2024 07:19
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10138

Actions (login required)

View Item View Item